Pentingnya Penguasaan Kitab Salaf - HWMI.or.id

Thursday 11 June 2020

Pentingnya Penguasaan Kitab Salaf


Ulama harus bisa baca kitab!

“Kitab salaf itu yang menjadi pokok. Kitab itu punya ulama. Ulama itu punya kitab. Kitab ini gak bisa baca kalo nggak ulama. Meskipun orang Arab, (kalau nggak belajar kitab) gak bisa baca.”

(Syaikh Maimoen Zubair) 

Yang dimaksud Mbah Mun adalah bukan hanya baca satu kitab, tapi ketika dihidangkan di depannya sebuah kitab, dalam jenis apapun, ia dapat membaca dan memahaminya. Bukan hanya sekedar bisa baca, tapi dalam arti ngaji (membaca, memahami kemudian mempraktekkannya). 

Kitab salaf itu tidak ada yang bisa baca kecuali ulama. Ulama saja terkadang perlu diasahi (dimaknai secara tertulis), jikalau tidak diasah terkadang gak bisa baca, sebab lupa makna dan tarkibnya.

Kitab salaf berisikan sari ajaran agama Islam yang digali dari mentahan Alquran dan Hadis, dan itu berarti, mereka yang menguasainya otomatis mengerti agama secara detil, sebaliknya, mereka yang buta kitab kurang terlalu mengerti agama.

Panutilah ulama yang mampu menguasai kitab dan doakan mereka, agar jumlahnya merambah dalam skala besar dan selalu dalam lindungan Allah Swt.

Untuk al-Maghfurlah KH. Maimoen Zubair, al-Fatihah...

Follow :
Instagram HWMI :
https://www.instagram.com/hubbul_wathon_

Twitter HWMI :
https://twitter.com/Hubbul_Wathon26

Subscribe Juga Youtube Channel Kami:
https://www.youtube.com/channel/UC6VYPhQt75ogtA9vQF6b0kQ

#santrinusantara
#HubbulWathonMinalIman

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda