Berduka, PBNU Imbau Nahdliyin Shalat Ghaib Untuk Awak Nanggala-402 - HWMI.or.id

Sunday 25 April 2021

Berduka, PBNU Imbau Nahdliyin Shalat Ghaib Untuk Awak Nanggala-402

 Berduka, PBNU Imbau Nahdliyin Shalat Ghaib untuk Awak Nanggala-402 



Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyampaikan ucapan belasungkawa atas gugurnya 53 awak kapal selam Nanggala-402.   


 "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bismillahirrahmanirrahim. Saya Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 awak kapal selam Nanggala-402 pada hari Ahad Ramadhan tanggal 13 1442 bertepatan dengan 25 April tahun 2021," kata Kiai Said, Ahad (25/4) malam.   

Kiai Said menambahkan, tidak sekali-kali menimpa kepada manusia, kecuali apa yang telah dikehendaki oleh Allah.  

 "Oleh karena itu kita yakin dan kita doakan agar mereka diterima di sisi Allah ditempatkan di tempat yang indah dan damai, dan mereka diampuni segala kesalahannya, diterima segala amal shalehnya," ujar Pengasuh Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Ciganjur Jakarta Selatan. 


 Video: Ketum PBNU, KH Said Aqil Siroj Sampaikan Belasungkawa 



 Kiai Siad juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan. "Semuanya adalah musibah dari Allah. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," kata Kiai Siad.   Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh warga NU agar melaksanakan shalat ghaib untuk arwah para awak kapal selam Nanggala-402.   


Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan pada Sabtu (24/4), bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak selama tiga hari di perairan utara Pulau Bali dinyatakan tenggelam.    

Status kapal tersebut berubah dari submiss (kapal selam hilang) menjadi subsunk (kapal selam tenggelam). Bukti-bukti otentik menunjukkan kapal terdeteksi terakhir berada di kedalaman 838 meter.   

 "Dengan adanya bukti otentik Nanggala, maka pada saat ini kita isyaratkan dari submiss menjadi subsunk," jelasnya dalam konferensi pers di Bali, Sabtu (24/4).  


Bukti otentik yang sampai saat ini sudah ditemukan seperti alas yang biasa dipakai untuk shalat, spons atau busa sebagai penahan panas agar tidak terjadi kondensasi pada ruang bertekanan, hingga komponen pelurus tabung torpedo. Ditemukan juga pembungkus pipa pendingin bertuliskan keterangan berbahasa Korea, cairan dalam botol oranye yang berisi oli pelumas periskop, serta bukti cairan solar.  

 Kondisi kapal yang hilang pada Rabu (21/4) ini terbelah menjadi tiga bagian dan ditemukan pada pukul 09.04 WITA oleh kapal MV Swift Rescue setelah melanjutkan pencarian yang dilakukan KRI Rigel.    

Kapal Selam KRI Nanggala-402 dikabarkan hilang di perairan sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali pada Rabu (21/4/2021) pukul 03.00 WITA. Nanggala membawa 53 orang dan dijadwalkan melakukan latihan penembakan rudal di laut Bali pada Kamis (22/4) yang direncanakan dihadiri Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.    

Nanggala-402 adalah salah satu dari dua kapal selam tua buatan industri Howaldt Deutsche Werke (HDW), Kiel, Jerman Barat pada tahun 1979. Kala itu, Indonesia hanya memiliki 12 kapal selam, namun hanya satu kapal yang masih bisa menyelam, sehingga Indonesia memilih Nanggala menjadi alutista Nusantara sejak tahun 1981.   

(Kendi Setiawan/Alhafiz Kurniawan/NU Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda