Ikut Diklatsar, Habib Naqib Assegaf Resmi Jadi Anggota Banser Ponorogo  - HWMI.or.id

Wednesday 12 January 2022

Ikut Diklatsar, Habib Naqib Assegaf Resmi Jadi Anggota Banser Ponorogo 

Ikut Diklatsar, Habib Naqib Assegaf Resmi Jadi Anggota Banser Ponorogo 

Meski sudah berulangkali berusaha tak membuat Habib Muhammad Naqib Assegaf menyerah untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Serbaguna (Banser). Ia membuktikan kembali semangatnya untuk menjadi anggota Banser dengan mengikuti Diklatsar yang diadakan oleh Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Slahung, Kabupaten Ponorogo.

Habib Naqib mengikuti Diklatsar atas arahan dari Maulana Habib Luthfi bin Yahya Rais Aam Idaroh Aliyah Jam'iyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman). Diklatsar tersebut dilaksanakan pada tanggal 5-9 Januari 2022 di SMK Ki Hajar Dewantara,  Desa Gundik,  Kecamatan Slahung,  Kabupaten Ponorogo.

"Awal mulanya saya dimintai untuk mengisi doa pada acara pembukaan Diklatsar.  Namun, saya memutuskan untuk turut serta mendaftarkan diri menjadi peserta Diklatsar," kata Habib Naqib kepada NU Online Jatim (11/01/2022).

Ia mengatakan bahwa dirinya mengikuti Diklatsar berkat rekomendasi dari Habib Lutfi bin Yahya sejak dahulu.  Namun baru bisa dilaksanakan sekarang.  Disamping itu, Habib Naqib ingin menjalin ukhuwah dengan para kader NU.

"Saya sudah lama ingin ikut Diklatsar. Sempat gagal 4 kali karena berhalangan dengan acara lain," ucapnya. 

Pihak panitia sebenarnya tidak memperkenankan Habib kelahiran Yogyakarta 11 Agustus 1983 ini turut mengikuti pengkaderan ini. Sebab, panitia merasa sungkan karena seorang Habib.

Selain itu, panitia juga keberatan karena kegiatan Diklatsar bukan hanya berisi sesi materi di dalam ruangan. Namun juga kegiatan lapangan yang berkaitan dengan fisik. Meski demikian, Habib Naqib tetap meminta mendaftarkan diri sebagai peserta. Hingga akhirnya panitia tidak berani menolak.

"Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, banyak hal mengesankan yang saya dapatkan," tutur Habib Naqib.

Ia merasa mendapatkan banyak pengalaman melalui Diklatsar Banser tersebut.

"Alhamdulillah saya mendapat banyak pengalaman dari Diklatsar ini.  Dan tentunya turut mengawal amaliyah dan jami'yyah Nahdlatul Ulama," jelas Habib Naqib.

Sementara itu, Reza Adisaputra selaku Komandan Satkoryon Banser Kecamatan Slahung mengungkapkan,  pihak panitia sangat bersyukur karena seorang Habib turut berpartipasi dalam acara Diklatsar tersebut.

"Alhamdulillah Habib Naqib sangat semangat dalam kegiatan ini.  Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kader NU untuk bersemangat berkhidmat.  Dan semoga Habib Naqib dapat menuntun para kader Banser dan menjadi panutan bagi kami," ungkap Reza.

Sumber : NU Online Jatim 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda