Kunjungi PBNU, Dubes Saudi Bahas Kerja Sama dan Perdamaian Dunia - HWMI.or.id

Monday 17 January 2022

Kunjungi PBNU, Dubes Saudi Bahas Kerja Sama dan Perdamaian Dunia

Dubes Arab Saudi-PBNU Perkuat Kerjasama di Kancah Internasional

Dikutip dari dakwahnu.id, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholil Staquf menyambut langsung kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk RI di kantor PBNU, di Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Senin (17/1/22).

Dalam kesempatan tersebut, hadir sejumlah pengurus Tanfidziyah mendampingi Gus Yahya, di antaranya Ketua PBNU H. Ishfah Abidal Aziz dan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) H. Syarif Munawi.

“Saya menerima Dubes dari Arab Saudi kami berbicara banyak kemungkinan untuk kerjasama antar NU dan Arab Saudi,” ujar Gus Yahya ditemui usai pertemuan.

Beberapa hal penting yang didiskusikan adalah pertama, kerjasama untuk memperkuat NU secara kelembagaan. Kedua, untuk saling membantu dalam kehadiran NU dan Indonesia bersama-sama kerajaan Arab dalam kancah internasional.

“Ini merupakan satu kepentingan bersama yang bersifat alami,” jelasnya.

Sebab, menurut Gus Yahya, Indonesia ini negara mayoritas muslim di dunia, sehingga masalah-masalah terkait dunia Islam pasti pengaruhnya terasa. Sedangkan Arab Saudi adalah negara yang berpengaruh, posisi yang menentukan memecahkan masalah tersebut. Sehingga Indonesia dan NU sangat berkepentingan untuk merawat kerjasama dengan Arab Saudi dalam upaya internasional bersama-sama.

Sementara terkait realisasi untuk eksplor Islam Nusantara, Gus Yahya menekankan bahwa “eksplor” ini harus dipahami bukan sebagai upaya untuk memengaruhi negara lain, namun bagaimana cara memecahkan masalah bersama.

“Setiap masyarakat punya hak kultural untuk membangun peradaban sendiri-sendiri, yang harus kita lakukan adalah kerjasama untuk memecahkan masalah,” pungkasnya. (fbr)

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda