Luar Biasa! Komunitas Nahdliyin Beli 11 Pesawat N219, Disaksikan Menhan Prabowo - HWMI.or.id

Friday 4 November 2022

Luar Biasa! Komunitas Nahdliyin Beli 11 Pesawat N219, Disaksikan Menhan Prabowo

 Luar Biasa! Komunitas Nahdliyin Beli 11 Pesawat N219, Disaksikan Menhan Prabowo


Penandatanganan pembelian pesawat N219 sebanyak 11 unit itu dilakukan disela-sela penyelenggaraan Indodefence 2020 di JIExpo Kemayoran (2-5 November 2022) yang diikuti 55 negara, Kamis (3/10/2022). Foto; bangsaonline.com.

Dikutip dari BANGSAONLINE.com Ini benar-benar spektakuler. Komunitas Nahdliyin membuat gebrakan sejarah modern.  

Sore ini, Kamis (3/10/2022), Komunitas Nahdliyin melakukan penandatanganan pembelian 11 unit pesawat. Sekali lagi, 11 unit pesawat N219.

Gebrakan transaksi teknologi ini kian menarik karena dilakukan menjelang perhelatan akbar G20 yang akan berlangsung di Bali, 15-16 November 2022. Otomatis industri dirgantara nasional menemukan momentum kebangkitan.

Penandatanganan pembelian pesawat N219 sebanyak 11 unit itu dilakukan disela-sela penyelenggaraan Indodefence 2020 di JIExpo Kemayoran Jakarta (2-5 November 2022) yang diikuti 55 negara.

Kontrak pembelian pesawat ini dilakukan bersama oleh komunitas nahdhiyyin yang tergabung dibawah Dipantara Aerospace (DAS) dan perusahaan Karya Logistik Indotama.

Hadir dalam kontrak pembelian ini Presdir Karya Logistik Indotama, Krisna Soejitno, Ketua Pembina Dipantara Aerospace, KH. Abdul Munim DZ, Direktur Panata Dipantara KH. Adnan Anwar, Direktur Simpul Niaga Dipantara, Khariri Makmun, dan Ketua Divisi Aerospace Atik Bintoro.

(Ketua Pembina Dipantara Aerospace, KH. Abdul Munim DZ, Direktur Panata Dipantara KH. Adnan Anwar, dan Direktur Simpul Niaga Dipantara, Khariri Makmun menunjukkan "miniatur" pesawat N219 yang sangat eksotik itu. Foto: bangsaonline.com) 

Juga hadir sejumlah diaspora Dirgantara Indonesia yang tersebar di perusahaan global di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Spanyol, Perancis, Itali, Korsel, Malaysia dan lainnya.

Yang sangat istimewa dari kontrak pembelian 11 pesawat ini, disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Menhan Prabowo mengaku sangat bangga terhadap pembelian pesawat N219 oleh pengusaha dalam negeri. Saking bangganya Prabowo menjuluki pembeli pesawat itu sebagai patriot bangsa.

"Kami sangat bangga dengan pembelian pesawat ini dan kalian adalah patriot bangsa yang telah mengapresiasi dan berkontribusi dalam memajukan karya anak bangsa," tutur Prabowo.

Senada dengan Menhan Prabowo, Direktur Panata Dipantara, KH. Adnan Anwar mengatakan bahwa pembelian 11 pesawat jenis perintis ini dapat mengobati penyakit "inferiority complex" atau perasaan rendah diri yang menghantui bangsa Indonesia selama ini. Ia berharap transaksi pembelian pesawat N219 akan mendorong kemajuan Dirgantara Indonesia dan memacu semangat serta kebanggaan nasional.

Pesawat N219 mempunyai kelebihan sebagai jenis pesawat ringan yang sangat bisa dioperasikan di daerah perintis.

Pesawat ini didesain untuk 19 penumpang. Dengan dua buah mesin turboprop yang mengacu kepada regulasi CASR Part 23. Ide dan desain dari pesawat jenis ini dikembangkan oleh PTDI dengan pengembangan program yang dijalankan oleh PTDI dan LAPAN. (MMA)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda