Perkuat Diplomasi, PCINU Inggris Raya Dan KBRI London Tingkatkan Kolaborasi - HWMI.or.id

Monday 15 June 2020

Perkuat Diplomasi, PCINU Inggris Raya Dan KBRI London Tingkatkan Kolaborasi




Perkuat Diplomasi, PCINU Inggris Raya dan KBRI London Tingkatkan Kolaborasi

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama United Kingdom (UK) atau Inggris Raya bersepakat untuk meningkatkan kolaborasi program-program strategis dan bantuan kemanusiaan.

Hal ini diungkapkan Konselor Penerangan dan Sosial Budaya KBRI London, Hartyo Harkomoyo dalam Silaturahim Virtual Halal bi Halal Nahdliyin United Kingdom, Ahad (7/6) kemarin. 

Agenda silaturahim virtual itu dihadiri jajaran pengurus PCINU UK, Muslimat UK, Gusdurian UK, PPI UK, perwakilan Kibar, komunitas pengajian, dan beberapa diplomat muda.

Di antara pengurus yang hadir yakni Rais Syuriyah PCINU UK KH Didiek S Wiyono, Katib Syuriyah PCINU UK Ruly A Santabrata, Ketua PCINU UK Shandy Adiguna, Sekretaris PCINU UK Munawir Aziz.

Selain itu, hadir juga Ketua Muslimat NU UK Yayah Indra, Wakil Ketua PPI UK Putera Utama, Ketua KIBAR UK Fahmi, Ustadz Achmad Farid (University of Leeds) dan beberapa perwakilan komunitas pengajian se-Inggris Raya. Silaturahim virtual ini dimoderatori oleh Idham Effendi (The University of Sheffield).


Hartyo Harkomoyo menyatakan pentingnya kolaborasi antarlembaga. "Saya ingin me-refresh pertemuan antara Menteri Luar Negeri RI Ibu Retno L Marsudi dengan Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siroj pada Mei 2020 lalu. Pesan yang disampaikan bahwa penting untuk berkolaborasi dan memperkuat diplomasi," ungkapnya.

 

Konselor Penerangan dan Sosial Budaya KBRI London itu menyampaikan pentingnya diplomasi kebangsaan. "Diplomasi itu menyatu di setiap semangat Bapak dan Ibu sekalian. Ketika kita di luar negeri, saya rasa naluri kita semua untuk mempromosikan hal-hal baik mengenai negara kita," jelas Hartyo.

 

"Saya ingin berterima kasih kepada teman-teman NU di UK. Di tengah pandemi, teman-teman telah menunjukkan solidaritas yang kongkret dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat fitrah," sambungnya. 

 

Ia menambahkan, KBRI London sudah bekerja sama dengan PCINU UK dan akan terus meningkatkan kolaborasi. Dirinya merasa senang bersilaturahim dengan keluarga PCINU UK, Muslimat NU UK, dan Gusdurian di Inggris Raya.

 

“Tentu, kami dari KBRI London akan mendukung kegiatan yang dirancang bersama. Kami juga mengharap dukungan dari teman-teman semua untuk memperkuat diplomasi Indonesia.”

 

Dakwah Islam Nusantara
Ketua PCINU United Kingdom Shandy Adiguna menyatakan, Nahdliyin di Inggris Raya selama ini berkomitmen untuk program kemanusiaan dan dakwah Islam Nusantara di Eropa.

 

“Kami telah menjalankan beberapa program kemanusiaan, serta menyiapkan kolaborasi dengan komunitas Kristen dan Yahudi di Inggris Raya untuk program strategis. Dengan KBRI London, dalam waktu dekat akan menyalurkan lagi bantuan kemanusiaan, serta dukungan terhadap WNI terdampak Covid-19 di Inggris Raya,” terangnya. 

 

PCINU United Kingdom, NUCare-LAZISNU UK, Muslimat NU UK, Gusdurian UK, juga bekerja sama dengan PPI UK serta beberapa komunitas muslim dan lintas agama di Inggris Raya untuk program-program kemanusiaan, charity, dan bantuan sosial.

Editor: Musthofa Asrori
NU Online

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda