Ruh yang Abadi dan Hancurnya Badan - HWMI.or.id

Monday 22 June 2020

Ruh yang Abadi dan Hancurnya Badan



Wahai Anakku,
Jadikanlah cita-citamu (Himmah) itu untuk memperbaiki (membersihkan) ruhaniamu, Jadikanlah kegagalan itu (hanya) untuk hawa nafsumu, dan jadikanlah kematian itu hanya untuk badanmu, karena sesungguhnya tempat tinggalmu adalah diliang kubur. sedang penghuni kubur selalu menantimu setiap saat. kapan engkau akan sampai padanya (penghuni kubur)? dan janganlah engkau sampai di alam kubur tanpa membawa amal.
Sahabat Abu Bakar r.a. berkata:  “Jasad manusia itu seperti sangkar burung atau kendang hewan, maka berfikirlah tentang dirimu, termasuk yang manakah keadaanmu?
Jika engkau ibarat burung-burung (ruh), maka (ruhmu) akan terbang tinggi saat mendengar panggilan dari Allah swt “(Wahai Nafsul Muthma’innah) kembalilah kamu pada Tuhanmu”, maka engkau akan terbang tinggi sampai akhirnya duduk bersimpuh di surga yang tinggi.
Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda : “Arsy-Nya Allah yang maha Pengasih bergetar dengan dahsyat karena kewafatan sahabat Sa’ad bin Mu’adz”.
Hanya kepada Allah swt tempat berlindung, jika engkau termasuk golongan hewan sebagaimana firman Allah swt.: “ mereka seperti  binatang, bahkan lebih sesat, maka janganlah kamu merasa aman akan kepindahanmu dari dunia ke jurang api neraka.
Di kisahkan, suatu Ketika Imam Hasan Al-Bashri diberi minuman yang sangat dingin, Ketika beliau memegang gelasnya, beliau langsung pingsan dan akhirnya gelas tersebut terjatuh dari genggaman tangan beliau. Ketika siuman, beliau ditanya : “ apa yang terjadi pada dirimu wahai abu sa’id?”, beliau menjawab : “aku teringat keinginan penduduk neraka Ketika berkata pada pendudk surga” “berikanlah kami air atau Sebagian dari rezeki yang telah Allah berikan padamu”.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda