Mukasyafah KH.A.Nawawi Abdul Jalil - HWMI.or.id

Friday 18 June 2021

Mukasyafah KH.A.Nawawi Abdul Jalil

 MUKASYAFAH KH. A. NAWAWI ABDUL JALIL.

Singkat cerita, saat kembali kepesanten Pasca libur ramadlan. alfaqir diantar orang tua sowan ke ndalem beliau, setelah sampai di ndalem langsung bertemu kiyai cium tangan dan diperintah duduk. Setelah itu beliau duduk didepan kami lalu subhanalloh beliau spontan dawuh kepada orang tua alfaqir " mon andik anak monduk jiah melleaki sarung se bennyak, semapan terus kirimannah pabennyak" beliau sampaikan sambil tersenyum. waktu itu memang alfaqir menginginkan merek sarung tertentu dan kiriman saya saat itu kurang cukup untuk biaya di pesantren.

Juga disaat orang tua mengajak alfaqir sowan ke kiyai ingin minta solusi masalah yg dihadapi dimasyarakat. Setelah menunggu kiyai agak lama, akhirnya beliau keluar dan sprt biasa kami cium tangan dan disuruh duduk diruang tamu. Orang tua belum menyampaikan sepatah kata apapun, kiyai langsung dawuh

 " ajjek sa sossa ben sholat kan sering mecah ان صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين" Sesampainya lafadz لله رب العالمين beliau mengulanginya sampai 3x. " deddih ajjek sa sossa" diulangi lagi sama beliau. 

Disat alfaqir menjadi KAPDAR ( Kepala Daerah G thn 2014) alfaqir bersama pengurus sowan ke kiyai berniat meminta amalan untuk warga daerah yg sedang duduk dikelas akhir. Sampai di ndalem beliau sedang duduk di musholla. Kami langsung bersalaman dan duduk menghadap di depan kiyai.

Baru kami mau mengutarakan niat, belia langsung dawuh " Rotib. Rotibul Haddad cokop". Kami langsung menjawab " enggih".

Subhanalloh,. Selama alfaqir sowan sangat banyak sekali alfaqir saksikan MUKASYAFAH beliau cicit dr sang pengarang Kitab I'anah at-Tholibin, yang tidak mungkin alfaqir tulis semua disini.

Sesuai dengan apa yg disampaikan oleh guru sepuh sidogiri. Disaat guru sepuh ini sowan ke kiyai, Kiyai dawuh. Kurang lebih bahasanya begini "sengkok taoh kabbi niattah tamoi se deteng ke tang roma"

Semoga alfaqir dan kita semua mendapat barokah Hadrotus Syaikh KHA.Nawawi Abd Jalil. Dan diakui sebagai santrinya.

Âmin ya robbal alamin.

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3833400633432416&id=100002875528856

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda