Sholat Sunnah 'Asyuro : Hapus Dosa 50 Tahun - HWMI.or.id

Wednesday 18 August 2021

Sholat Sunnah 'Asyuro : Hapus Dosa 50 Tahun

 


Surat Al-Fajr Ayat 1-2

وَالْفَجْرِ

وَلَيَالٍ عَشْرٍ

Hapus Dosa 50 Tahun

Saat ngaji di Musala Baiturrohman Nglundo Utara Rabu (18/8/2021), Wakil Rois Syuriyah PCNU Jombang KH Muhammad Soleh menjelaskan keutamaan hari Asyuro (10 Muharram) yang jatuh Kamis (19/8/2021).

"Nabi Muhammad sollallahu alaihi wa sallam bersabda; Puasa Asyuro menghapus dosa setahun yang lalu," tuturnya.

Kiai Soleh cerita, Umat Nabi Musa diperintah Allah puasa sehari dalam setahun. Yakni pas hari Asyuro.

Makanya pada hari itu umat Nabi Muhammad sollallahu alaihi wa sallam juga disunnahkan puasa.

"Orang yang menghidupkan malam hari Asyuro dengan ibadah, diberi pahala seperti ibadahnya para malaikat dari langit pertama hingga ketujuh," terangnya.

Kiai Soleh menjelaskan, ngaji seperti malam ini termasuk menghidupkan malam dengan ibadah. Sebab ada ngaji yang hukumnya wajib. Yakni ngaji tentang hal-hal yang wajib. Seperti tentang bersuci, salat, puasa wajib, zakat dan hal-hal yang wajib lainnya.

Ngaji tentang amal yang wajib, hukumnya wajib.

Juga ada ngaji yang hukumnya fardu kifayah. Yakni ngaji hal-hal yang hukumnya fardu kifayah. Seperti tentang salat jenazah, waris, kepemimpinan, pengobatan.

Juga ada ngaji yang hukumnya sunah. Yakni ngaji tentang hal-hal yang baik dilakukan. Seperti sedekah, akhlakul karimah dan ngaji tentang ibadah yang sunah.

"Orang yang salat empat rakaat pada hari Asyuro, tiap rakaat usai Fatihah baca kulhu atau Al Ikhlas 51 kali, dosanya selama 50 tahun dihapus," ungkap Kiai Soleh.

Niat salatnya niat salat sunah mutlak. Barusan saya melaksanakannya hanya butuh waktu 15 menit.

Orang yang meluaskan nafkah keluarga pada hari Asyuro, akan dijembarkan rezekinya selama setahun kedepan. "Meluaskan nafkah itu contoh nya; pada hari biasa beri nafkah istri sehari Rp 25 ribu. Pada hari Asyuro Rp 75 ribu. Itu termasuk meluaskan," jelasnya.

Orang yang sedekah minum pada hari Asyuro, kelak di akhirat akan diberi Allah minuman. "Minum minuman itu satu teguk saja, tak akan merasakan haus selamanya," ucap Kiai Soleh..

"Orang yang pada hari Asyuro membaca: hasbiyallah wanikmal wakil nikmal maula waniknannasir 70 kali, pada tahun itu akan dihindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kiai Soleh..

Termasuk hal yang tidak diinginkan yakni kena korona. "Termasuk yang tidak diinginkan yakni kanker, kantong kering," ujar Kiai Soleh disambut tawa hadirin..

Mugi Allah paring kita semua dan seluruh umat Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam saget mengamalkannya..

Penulis :Rojiful Mamduh (Wakil Ketua MWCNU Jombang)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda