Berlepas Dirilah - HWMI.or.id

Monday 6 September 2021

Berlepas Dirilah

 


Jika kamu berlepas diri dari daya dan upayamu, kamu akan tahu bahwa ibadah yang telah terlaksana sesungguhnya karena Allah Swt. dan pertolongan-Nya.

Sesungguhnya Kamu hanyalah sebuah representasi perbuatan Allah Swt. dalam ciptaan-Nya. Apakah kamu benar-benar telah mendirikan salat, wahai orang yang lemah! Tidak, sesungguhnya Allah lah yang membuatmu melakukan  salat. Oleh karena itu, kamu wajib memuji Allah Swt. atas pertolongan-Nya kepadamu untuk  salat.

Sungguh Allah Swt. lah yang membantumu untuk taat. Dia lah yang menciptakan taat bagimu, juga memberi pahala kepadamu. Maka kamu wajib mensyukurinya. Ketika kamu mensyukurinya, kamu pun wajib bersyukur atas pertolongan Allah Swt. terhadap rasa syukurmu itu. Lalu ketika kamu bersyukur atas rasa syukurmu itu, kamu (juga) wajib percaya bahwa semua itu berasal dari Allah Swt. dan bahwa kamu tidak akan bisa memenuhi hak untuk  bersyukur kepada Allah itu selamanya. Karena Setiap kamu bersyukur, setiap itu pula dibutuhkan suatu  syukur yang lebih dari itu. Oleh sebab itu, Nabi Saw. bersabda, “Aku tidak akan bisa menghitung puji-pujian atas-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri.” 

○ Maulana Syaikh Ali Jum’ah

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda