Ustadz Pembuat Gaduh - HWMI.or.id

Monday 20 September 2021

Ustadz Pembuat Gaduh

Yang membuat gaduh di dalam urusan agama adalah ustadz yang terlalu bernafsu dalam berfatwa. Tidak tahu dalil justru menyatakan tidak ada dalil. Tidak tahu dalil dan tidak ada dalil adalah 2 hal yang berbeda. Imam Ghozali berpesan kepada para ulama: Ulama yang baik adalah mereka yang tidak malu untuk mengakui "saya tidak tahu", bukan yang asal menjawab segala hal.

Menjadi lebih cerdas dalam belajar agama di tengah informasi yang serba bebas menjadi sangat penting. Ulama yang berhati-hati dalam berfatwa jauh lebih layak diikuti daripada yang mudah mengumbar fatwa dan mudah menyalahkan amaliyah orang lain bukan karena amaliyah itu tidak ada dalilnya, tapi karena mereka-mereka saja yang belum tahu dalilnya.

Sudah banyak buku yang menjelaskan dalil-dalil amaliyah Ahlussunnah wal Jama'ah, sudah banyak pula buku-buku yang menjelaskan tentang cara pandang Ahlussunnah wal Jama'ah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tugas kita sebagai orang awam adalah membaca, jika tidak sempat atau enggan membaca maka carilah panutan yang benar agar paham keagamaan, kenegaraan dan kebangsaan kita tidak asal-asalan.

2 hal yang sering membuat salah paham:

1. Salah bacaan

2. Salah gabung grup WA

Gus Mohammad Nailur Rochman 

Ketua PCNU Pasuruan

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda