Alfian Tanjung Ditolak Warga Malang, Pengundang Janji Tak Akan Undang Dia Lagi - HWMI.or.id

Thursday 10 February 2022

Alfian Tanjung Ditolak Warga Malang, Pengundang Janji Tak Akan Undang Dia Lagi

Alfian Tanjung Ditolak Warga Malang, Pengundang Janji Tak Akan Undang Dia Lagi

Dikutip dari SintesaNews.com, Setelah diwarnai penolakan warga, Alfian Tanjung batal mengisi ceramah di Masjid Manarul Islam Sawojajar Kota Malang.

Pembatalan ini setelah adanya mediasi di Polsek Kedungkandang Kota Malang pada Rabu (9/2/2022) yang dihadiri oleh kelompok warga yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Malang Raya Pancasila dan Yayasan Amal Soleh Masjid Manarul Islam.

Ketua 1 Yayasan Amal Soleh Masjid Manarul Islam, H Masduki Takrip, membuat surat pernyataan bermaterai sebagai bentuk keseriusan bahwa pihaknya tidak akan mendatangkan Ustaz Alfian Tanjung yang merupakan Pimpinan Taruna Muslim.

“Masjid Manarul Islam tidak akan mendatangkan ustaz Alfian Tanjung atau ustaz yang menimbulkan keresahan,” tulisnya.

Masduki menjelaskan, Alfian Tanjung awalnya ingin bersilaturahmi karena dia pernah berkunjung ke Masjid Manarul Islam Sawojajar Malang.

“Kami pun mengira tidak ada apa-apa. Tapi ternyata ada pihak yang tidak menghendaki sehingga kami pertimbangkan untuk meniadakan untuk Ustaz Alfian Tanjung,” tuturnya.

Ia mengakui bahwa Alfian Tanjung memang memiliki rekam jejak sebagai penceramah kontroversial yang menuai banyak kritikan terutama berkaitan ujaran kebencian.

Rencananya, Alfian Tanjung akan mengisi acara kajian spesial dengan tema Dinamika Dakwah Islam pada Rabu (9/2/2022) pukul 18.15 WIB di Masjid Manarul Islam, Jalan Danau Bratan Raya, Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang.

“Sehari-hari rutin ba’da maghrib karene kebetulan ada tamu kami juga menghormati tamu cuma intinya disitu,” paparnya.

Pihaknya mengaku tidak keberatan dan mendukung apapun yang menjadi kepentingan orang banyak, termasuk pembatalan acara Alfian Tanjung.

Warga Sawojajar, Kota Malang menolak Ustaz Alfian Tanjung yang akan mengisi ceramah di Masjid Manarul Islam, Rabu (9/2/2022) malam. (Foto: MPI/Avirista Midaada)
Sementara itu, Koordinator Aliansi Masyarakat Malang Raya Pancasila Arif Wahyu Iskandar menjelaskan bahwa pihaknya mewakili kelompok masyarakat terutama warga Sawojajar karena tidak ingin adanya tokoh yang memiliki track record pembuat keresahan masyarakat.

“Siapa pun itu orang yang jejak recordnya membuat keresahan masyarakat, baik bentuk intoleransi, ujaran kebencian, radikalisme, itu kami tidak menghendaki ada di Kota Malang,” ujarnya.

Pihaknya menghargai dan berterima kasih kepada pihak Polsek Kedungkandang dan Takmir Masjid Manarul Islam yang telah menghasilkan keputusan untuk membatalkan kegiatan ceramah Alfian Tanjung.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda