Doa Malam Isra Mi'raj - HWMI.or.id

Wednesday 7 February 2024

Doa Malam Isra Mi'raj

Ada amalan doa yang dapat dibaca umat Islam pada malam Isra' Mi'raj, 27 Rajab. Doa ini memiliki keistimewaan yang besar, yaitu segala hajat atau keingian yang diminta akan dikabulkan oleh Allah swt.

Oleh karena itu, hendaknya umat Islam tidak melewatkan amalan ini, yang hanya ada pada satu momentum dalam setahun, yakni pada Rabu (7/2/2024) malam Kamis ini.

Salah satu amaliah yang dapat dilakukan pada malam 27 Rajab adalah berdoa kepada Allah swt, dengan salah satu doa telah dijelaskan oleh Syekh Muhammad bin Abdullah bin Hasan al-Halabi al-Qadiri. Dalam kitabnya beliau menjelaskan bahwa doa berikut memiliki khasiat yang sangat luar biasa,

مَنْ قَرَأَ بِهَذَا الدُّعَاءِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ مِنْ رَجَبَ ثُمَّ يَسْأَلُ الله حَاجَتَهُ فَاِنَّهَا تُقْضَى بِاِذْنِ اللهِ 

Artinya :

“Barang siapa yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, kemudian meminta kepada Allah (untuk dipenuhi) kebutuhannya, maka akan dipenuhi kebutuhannya dengan izin Allah.” (Abdullah al-Halabi, Nurul Anwar wa Kanzul Abrar fi Dzikris Shalati ‘alan Nabi al-Mukhtar, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: tt], halaman 38).

Faedahnya 

Syekh Abdurrahman bin Abdussalam as-Syafi’i (wafat 893 H) dalam salah satu kitabnya menjelaskan faedah dari doa tersebut, beliau mengatakan bahwa siapa saja yang membacanya pada tanggal 27 Rajab, kemudian menyebutkan hajatnya kepada Allah, maka Dia akan mengabulkan segala hajatnya, melapangkan urusannya, dan menghidupkan hatinya ketika hati-hati manusia sudah mulai mati. (Syekh Abdurrahman, Nuzhatul Majalis wa Muntakhabun Nafaiz, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: 1999], juz I, halaman 94).

Sedangkan tata cara pembacaannya adalah sebagai berikut,

Pertama, shalat sunnah dua rakaat sebagaimana shalat sunnah pada umumnya. Kemudian membaca surat Al-Ikhlas setelah membaca surat Al-Fatihah di rakaat pertama dan kedua. 

Kedua, membaca shalawat kepada Nabi Muhammad sebanyak 10 kali. 

Ketiga, membaca doa tersebut, kemudian menyebutkan segala hajat-hajatnya. 

Berikut do'anya :

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ المُحِبِّيْنَ ، وَبِخَلْوَةِ الَّتِى خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ المُرْسَلِينَ حِينَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالعِشْرِينَ أَن تَرْحَمَ قَلْبِيَ الخَزِينَ وَتُجِيبَ دَعْوَتِى يَا أَكْرَمَ الأَكْرَمِينَ

"Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Engkau khususkan pada pemimpin para Rasul ketika Engkau memperjalankannya pada malam 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Engkau merahmati hatiku yang sedih dan Engkau mengabulkan doa-doaku, Wahai Yang Mahamemiliki kedermawanan."

Sumber : NU Online

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda