Polisi Malaysia Tangkap 8 Orang Penyebar Ideologi Atau Pemahaman Salafi - HWMI.or.id

Sunday 28 June 2020

Polisi Malaysia Tangkap 8 Orang Penyebar Ideologi Atau Pemahaman Salafi




Kepolisian Malaysia pada Sabtu (6/10) menangkap delapan orang, tujuh di antaranya warga asing, yang diduga berpotensi mengganggu ketertiban umum dan berbahaya bagi negara.

Penangkapan oleh unit anti-terorisme Malaysia dilakukan di Johor, Perlis, dan Kuala Lumpur. Mereka yang ditahan adalah mantan mahasiswa, mahasiswa, dan beberapa tenaga pengajar di sekolah Islam di wilayah Perlis.

Operasi penangkapan sendiri dilakukan usai unit anti-terorisme kepolisian menerima laporan intelijen mengenai adanya kegiatan penyebaran paham salafi dan ekstrimisme beberapa pusat pendidikan berbasis Islam di Asia Tenggara.

Dari keterangan kepolisian Malaysia, seluruh terduga pelaku terkait erat dengan pendiri gerakan salafi di Yaman Syeikh Muqbil Hadi Al Wadi'l.

Dilansir dari Channel News Asia Sabtu (6/10), Kepolisian Malaysia menuding orang-orang yang ditangkap tersebut mencoba menyebarkan ideologi ekstrimisme dan salafi di Negeri Jiran.

"Penangkapan yang dilakukan adalah bagian upaya meredam penyebaran idelogi salafi dan ekstrimisme," sebut keterangann kepolisian Malaysia

Kepolisian menyebut, ideologi itu adalah stimulus dari beberapa kelompok teroris dunia seperti ISIS, Al-Qaeda, Jemaah Islamiyah, Abu Sayyaf dan Boko Haram.

(Kumparan News)


www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda