Gelar Pertemuan Dengan Ormas-ormas Islam - HWMI.or.id

Thursday 30 July 2020

Gelar Pertemuan Dengan Ormas-ormas Islam




Gelar Pertemuan Dengan Ormas- Ormas Islam

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin malam ini menggelar pertemuan dengan ormas-ormas Islam di kediaman Wapres Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019). kemaren

Pertemuan yang di hadiri 36 ormas Islam itu diawali dengan santap malam bersama di pendopo rumah dinas Wapres.

“Hadir 36 ormas Islam. NU, Muhammadiyah Tarbiyah, Rabithah Alawiyah, ICMI, MUI tentu. Jadi banyak sekali,” ujar Wapres kepada awak media usai pertemuan.




Wapres menjelaskan bahwa pertemuan dengan ormas- ormas Islam membahas banyak hal diantaranya kenegaraan, persatuan, hingga ekonomi umat yang dituangkan dalam 6 butir kesepakatan.

“Ada sejumlah kesepakatan. Baik kenegaraan, persatuan, Keutuhan Bangsa, keumatan, dan juga ekonomi umat,” terangnya.

Berikut 6 butir kesepakatan ormas-ormas Islam yang dibacakan oleh Wasekjen Bidang Fatwa MUI Sholahuddin Al Aiyub di hadapan Wapres.

1. Para pimpinan ormas Islam mempunyai pemahaman yang sama bahwa berdirinya negara-bangsa ini merupakan kesepakatan nasional (al-mitsaq al-wathani) yang harus dijaga dan dipertahankan bersama.

2. Kondisi umat Islam yang sangat majemuk membuka peluang terjadinya perbedaan-perbedaan dan dalam tahap tertentu bisa berubah menjadi perpecahan. Oleh karena itu, bersepakat untuk tetap menjalin hubungan persaudaraan antar sesama Muslim (ukhuwah Islamiyah) dan antar sesama anak bangsa (ukhuwah wathaniyah), serta tetap mengupayakan terjadinya persatuan umat (tawhidulummah).

3. Sebagai bagian terbesar penduduk di Indonesia, umat Islam mempunyai kesempatan yang besar untuk mengambil peran kebangsaan dan kenegaraan secara lebih proporsional. Upaya-upaya untuk memperjuangkan hal itu, harus tetap melalui mekanisme yang telah menjadi kesepakatan bersama dalam berbangsa dan bernegara.

4. Kondisi umat Islam yang sebagian besar masih lemah secara ekonomi membutuhkan keberpihakan kebijakan secara nasional, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi para pelaku ekonomi umat untuk dapat bersaing secara lebih setara.

5. Kondisi bangsa yang masih banyak tantangan perlu untuk dihadapi secara bersama-sama dengan semangat persatuan bangsa. Oleh karena itu narasi dan wacana yang dapat memecahbelah persatuan umat agar dihindarkan. Wacana tentang radikalisme dan separatisme yang tidak terukur berdampak kontra produktif untuk persatuan umat dan bangsa.

6. Bersepakat untuk secara periodik bertemu dengan difasilitasi oleh Bapak Wakil Presiden RI, Prof. DR. KH. Ma’ruf Amin untuk membicarakan permasalahan yang lebih khusus.

Tampak hadir malam itu diantaranya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Ketua Umum PP Syarikat Islam Hamdan Zoelva, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Ketua Umum PB Al Jamiyatul Washliyah Yusnar Yusuf, Ketua Umum PB Mathlaul Anwar K.H. Ahmad Sadeli Karim dan lain-lain.

🇮🇩🇮🇩🇮🇩🙏🏻🤝🙏🏻🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Wapres go.id
www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda