Ketika Adab Dan Etika Menjadi Isu - HWMI.or.id

Friday 28 August 2020

Ketika Adab Dan Etika Menjadi Isu

 KETIKA ADAB & ETIKA MENJADI ISU



Saya rasa ada yg aneh ketika melihat dialog di sebuah stasiun tv swasta, antara Ketua PAC Ansor Bangil... Sa'ad Muafi dengan wasekjen MUI...Nadjamuddin Ramly.

Dialog yg sejatinya menjadi ajang klarifikasi terhadap hal yg terjadi di Bangil-Pasuruan-Jawa Timur... Tentang tabayyun yg dilakukan Ansor & Banser Bangil ( 20/08/2020 ) kepada sebuah lembaga pendidikan di Rembang - Bangil... yang dipicu dari beredarnya penghinaan terhadap Habib Lutfi bin Yahya dan ormas NU di media sosial... yang di lakukan salah satu pengajar di lembaga itu. Dan juga adanya kecurigaan dari anak² Ansor & Banser bahwa lembaga itu sudah berafiliasi dengan HTI... Dimana HTI telah dinyatakan sebagai ormas terlarang.

Dialog yg saya harap menyorot kepada sebab terjadinya peristiwa dan bahaya penyebaran ideologi khilafah di negeri ini... justru yg terjadi jauh dari ekspektasi saya.

Wasekjen MUI... Nadjamuddin Ramly nampak sekali lebih mempersoalkan sikap Ketua PAC Ansor yg meminta konfirmasi kepada ust. Muslim Zainullah... daripada membahas "api" yg menyebabkan terjadinya peristiwa itu.

Pak wasekjen rupanya kurang begitu tertarik untuk membicarakan masalah penyebaran ideologi khilafah. Dan terkesan justru memberi ruang terhadap ideologi itu ( semoga itu hanya praduga saya saja ).

Nadjamuddin menegur adab & etika Sa'ad Muafi...

Itu sangat aneh & lucu...!!!

Gus Saad Muafi adalah ketua PAC Ansor Bangil. Ansor adalah salah satu Banom NU.

Kalo memang apa yg di lakukan Sa'ad Muafi terhadap ust. Muslim Zainullah dipandang kurang beretika... Bukankah di NU banyak Kiyai² & Ulama² sepuh yg lebih berhak untuk menasehatinya...??!!!

Semut di rumah tetangga kelihatan... gajah nari² di depan mata gak kelihatan...!!!

Sementara dia begitu meng'gebu² mempermasalahkan adab & etika Sa'ad... dia sendiri lalai akan adab & etikanya sendiri terhadap Kiyai² & Ulama² NU.

Hadeehhh...

Apa karena dia lagi duduk sebagai wasekjen MUI lantas ngerasa punya kewajiban buat negur Ansor...???

Kalo dia memang merasa punya tanggung jawab itu...

Sudahkah Nadjamuddin Ramly menegur adab & etika kaum muda di ormas yg pernah diurusnya ketika membatalkan dan terpaksa memindahkan pengajian NU di mesjid kraton Jogyakarta...???

Sudahkah dia menegur adab & etika Munarman ketika menyiramkan air ke wajah Tamrin Amal Tomagola waktu dialog live di sebuah stasiun tv...???

Sudahkah dia menegur etika Sugik Nur dan Maher Tuwalibi yg konon sudah ustadz... yg kalo sudah pegang microphone... acapkali yang keluar dari ucapannya cuma nyaci & ngumpat...???

Sudahkah dia menegur adab & etika koleganya di MUI... ust. Bahtiar Nasir yg berpidato mengajak umat utk melakukan revolusi thd negara... dimana negara masih memberi gaji & fasilitas utk dia & keluarganya nikmati...???

Sudahkah dia mempertanyakan adab & etika seorang Tengku Zulkarnain yg juga koleganya di MUI... Tentang ceramahnya beberapa waktu lalu yg terkesan mengandung unsur sara...???

Sudahkah dia menegur adab & etika sekelompok orang di Solo yg menyerang Habaib & keluarganya... hanya krn beda pemahaman...???

Sudahkah dia menegur adab & etika ust. Muslim Zainullah... dimana di yayasan yg dipimpinnya ditemukan foto Presiden yg di corat-coret... sedangkan yayasannya menerima dana hibah dari pemerintah...???

Sudahkah dia menegur adab & etika anak buah ust. Muslim yg sudah menghina Habib Lutfi bin Yahya dan NU...???

Dan masih buaanyakkk lagi yg harus pak wasekjen itu tegur... yang seandainya saya tulis disini... sampe dia lengser dari MUI juga pasti belum kelar.

Kalo semua itu belum dia lakukan... kenapa kok baru ke Ansor & Banser dia bicara tentang adab & etika...

Baru bangun tidur pak...???

Apa karena Ansor...???

Apa karena Banser...???

Apa karena NU...???

Seharusnya yg mesti P. Nadjamuddin ini ingat...

Se gak sopan²nya anak² Ansor & Banser... gak pernah mereka nendang imam sholat hanya karena qunut dan gak qunut...!!!

Gak pernah mereka porak-porandain warung orang hanya karena buka di bulan puasa...!!!

Gak pernah mereka ikut²an gerakan teroris... bom bunuh diri... atau ngelempar molotov ke kantor aparat & pemerintah...!!!

Ansor & Banser hanya bergerak... dan bisa jadi kasar... kalo NU dilecehkan... Kiyai & Ulama NU dinistakan...dan NKRI dihinakan...!!!

Mudah²an... yg bapak Nadjamuddin Ramly lakukan bukan didorong oleh keinginan utk mengalihkan isu... mengaburkan dari masalah yg sebenarnya terjadi...!!!


Sekali lagi...

Mudah²an...!!!

(Suwuk Aswaja)

www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda