Kontroversi Hari Lahir Gus Dur: Versi Asli Dan Versi Legal - HWMI.or.id

Wednesday 5 August 2020

Kontroversi Hari Lahir Gus Dur: Versi Asli Dan Versi Legal





Kontroversi Hari Lahir Gus Dur: Versi Asli dan Versi Legal 

Penulis biografi Gus Dur, Greg Barton pada buku Biografi Gus Dur: The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid bercerita bahwa pada saat jadi presiden, sahabat dan keluarga Gus Dur merayakan hari ulang tahun Gus Dur pada 4 Agustus. Padahal kelahiran gus dur bukan di tanggal itu. 

Pada tahun 2018 Mahfud MD (Menko Polhukam saat ini) pada akun Twitternya menulis:

“4 Agustus 1940, Gus Dur dilahirkan. Allah mengirim beliau ke Indonedia utk menjadi salah satu guru bangsa yang patut diteladani oleh warga bangsa ini," cuitnya.

Cuitan Mahfud MD ini kemudian mengundang berbagai komentar, termasuk yang mempersoalkan tanggal kelahiran Gus Dur tersebut. Mahfud MD kemudian kembali menulis status di akun twitternya.

“Bagi yang tidak tahu, diinformasikan bhw Gus Dur bermilad tgl 4 Agustus dan 7 September. Gus Dur sendiri membiarkan dua kali ultah itu. Kita tak berhak memasahkan. Itulah uniknya Gus Dur. Tgl 7 September nanti kita ucapkan doa lagi, spt biasa saat Gus Dur masih sugheng (hidup).”

Lalu, bagaimana menurut pihak keluarga? Pada tanggal dan tahun yang sama, Alissa Wahid menulis begini di akun Twitternya: 

"Selamat ulangtahun, pak. Walau untukmu itu tidak penting sama sekali, ini salah satu momen kami mensyukuri hadirmu dalam perjalanan bangsa ini. #TerimaKasihGusDur #HarlahGusDur." 

Dan jika periksa akun Twitter Alissa Wahid hari ini 2020, akan kita temukan satu twitt yang sudah ratusan kali dibagikan: 

"Selamat ulang tahun, Bapak. Semoga kami tetap bisa melanjutkan perjuangan yang telah kau teladankan. Demi rakyat, demi bangsa. Edisi #KangenGusDur #harlahGusDur."

Versi Asli dan Legal
Jika kita membuka Ensiklopedia NU, kemudian lari ke entri Abdurrahman Wahid, maka akan kita temukan bahwa dia lahir di Jombang pada 24 September. Berarti menambah satu versi lagi. Namun, sebagaimana kelahiran KH Mahfudz Shiddiq, Ensiklopedia NU ini menyajikan data berbeda pada bagian kronik di jilid pertama. Pada bagian kronik Gus Dur disebut lahir 7 September. 

Lalu, jika kita buka buku KH Wahid Hasyim dan Karangan Tersiar karangan Abubakar Atjeh, menyebutkan bahwa Gus Dur lahir 4 Juli. 

Alissa Wahid menjelaskan duduk perkaranya melalui Twitter:  

"#UltahGusDur hari ini? Iya. 7 Sept, hari ulang tahun yang asli. 4 Agt, hari ulang tahun yang legal," katanya.

(NUjabarOnline)

www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda