Gelar Khalifatullah Di Hilangkan, Ini Penjelasan Sri Sultan HB X - HWMI.or.id

Wednesday 26 August 2020

Gelar Khalifatullah Di Hilangkan, Ini Penjelasan Sri Sultan HB X

Sultan Jogja udah ogah Pake Gelar Khalifatullah !!!

Dalam Kampanye Khilafah "siluman HTI" menggunakan Sri Sultan HB X sebagai model dengan quote bahwa "Mereka Yang Membenci Khilafah (HTI) Adalah Buta  Sejarah".

Padahal Faktanya Sri Sultan sendiri bahkan sudah menghapuskan Gelar Khilafah yakni Khalifatullah.

Menurut Sultan ;

 Selama ini hilangnya gelar Khalifatullah yang dimiliki Sri Sultan Hamengkubuwono X‎ banyak menuai kontra. Sultan menjelaskan dirinya hanya menyampaikan dhawuh atau perintah dari leluhur dan Tuhan Yang Maha Esa.

"Soal (hilangnya gelar) Khalifatullah, saya hanya bisa menyampaikan ini. Kalau lebih dari itu, artinya saya ngarang dewe. Saya sekedar menyampaikan dhawuh," ujar Sultan.

Hal ini disampaikan Sultan saat menjelaskan Sabda Raja di Ndalem Wironegaran, Jalan Panembahan, Keraton, Yogyakarta, Jumat (8/5/2015).

Beberapa gelar memang hilang, selain Khalifatullah adalah Sayidin. Sultan mengaku tidak bisa menjelaskan lebih jauh lagi ‎soal hilangnya gelar tersebut.

‎"Saya dapat keterangannya hanya itu, tidak berani melangkah jauh, hanya itu. Tidak berani melangkah jauh, takut keliru," imbuhnya.

‎Sultan mengakui bahwa 2 Sabda tersebut memang sulit untuk dipahami. Namun dia berharap masyarakat menerima Sabda ini tidak hanya dengan pikiran, namun dengan hati.

"2 Sabda ini memang sulit untuk dipahami," tutur Sultan.

Kenapa Gelar Khalifatullah & Sayidin di hilangkan? 

Saya menduga itu berkaitan erat dengan suksesi Kraton dan Gubernuran DIY

Editor: Budi Prasetyo

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-2910247/gelar-khalifatullah-dihilangkan-ini-penjelasan-sri-sultan-hb-x?nd771104bcj=&nd771104bcj=

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda