Unggah Kolase Foto Kiai Ma'ruf Amin-Kakek Sugiono, Ketua MUI Di Tanjung Balai Di Tangkap - HWMI.or.id

Saturday 3 October 2020

Unggah Kolase Foto Kiai Ma'ruf Amin-Kakek Sugiono, Ketua MUI Di Tanjung Balai Di Tangkap

 Unggah Kolase Foto Ma’ruf Amin-Kakek Sugiono, Ketua MUI di Tanjung Balai Ditangkap



Bareskrim Tangkap Pengunggah Kolase Foto Ma'ruf-Kakek Sugiono (Foto: Dok. Istimewa)


Polisi menangkap pengunggah foto Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang disandingkan dengan bintang porno Jepang Shigeo Tokuda alias ‘Kakek Sugiono’. Pelaku bernama Sulaiman Marpaung (37) itu ditangkap di Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

Dikutip dari detik.com, Sulaiman adalah Ketua MUI kecamatan di Kota Tanjungbalai. Pelaku ditangkap di rumahnya di Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara, Jumat (2/10/2020). Pelaku diketahui menggunakan akun Facebook Oliver Leaman S saat memposting kolase foto Ma’ruf dan ‘Kakek Sugiono’.

“Iya benar tim melakukan penangkapan,” kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo saat dimintai konfirmasi.


Karena perbuatannya, Sulaiman disangkakan pasal 45A ayat (2) Jo pasal 28 ayat (2) dan pasal 27 ayat (3) UU No 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU No 11 tahun 2008 tentang ITE. Sejumlah barang bukti disita polisi dalam penangkapan ini berupa satu unit ponsel, akun Facebook dan sim card.

Sebelumnya, viral tangkapan layar berisi foto Kiai Ma’ruf disandingkan dengan gambar animasi wajah ‘Kakek Sugiono’ yang diunggah salah satu akun FB . Dia menuliskan caption sebagai berikut: ‘Jangan kau jadikan dirimu seperti Ulama tetapi kenyataannya kau penjahat agama. Diusia Senja Banyaklah Berbenah untuk ketenangan di Alam Barzah. Selamat melaksanakan Ibadah Shalat Jumat’ yang ditulis pemilik akun.

Setelah viral, unggahan tersebut dihapus. Selain itu, pemilik akun telah menulis permohonan maaf kepada keluarga besar Kiai Ma’ruf hingga keluarga besar Ansor, khususnya Tanjung Balai.

(Suara Islam

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda