Resmi Ditahan Bareskrim, Maaher Soni Eranata Minta Berdamai - HWMI.or.id

Saturday 5 December 2020

Resmi Ditahan Bareskrim, Maaher Soni Eranata Minta Berdamai

 Resmi Ditahan Bareskrim, Maaher Soni Eranata Minta Berdamai

Momen penangkapan Soni Ernata Pemilik Akun @ustadzmaaher_. (Foto: Dok. Istimewa)


 

Maaher At Thuwailibi atau Soni Ernata meminta berdamai dengan Waluyo Wasis Nugroho, orang yang melaporkannya ke polisi.


Maaher mengajukan upaya berdamai itu sebelum mengajukan gugatan praperadilan atas kasus yang menjeratnya lantaran dituding menghina Kiai Nahdlatul Ulama, Habib Luthfi bin Yahya.


Kuasa hukum Maaher, Djudju Purwantoro menuturkan, gugutan praperadilan atas penetapan tersangka terhadap Maaher bisa saja dilakukan, namun pihaknya akan terlebih dahulu mengupayakan perdamaian.


“Itu sebagai salah satu hak tersangka, bisa saja kami lakukan praperadilan. Tapi yang terpenting kalo bisa dilakukan perdamaian alternate dispute solution dengan pihak pelapor itu justru lebih baik,” kata Djudju Jumat (4/12/2020).


Terlebih, Djudju berdalih bahwa kicauan Maaher di akun Twitter @ustadzmaaher_ tidak lah bermaksud menghina secara langsung kepada Habib Luthfi.


“Komentar (kicauan) beliau tersebut adalah ditujukan untuk menjawab atau merespons kepada salah satu netizen,” ujarnya.


Pada 27 November 2020 lalu, Maaher dilaporkan oleh Waluyo Wasis Nugroho ke Bareskrim Polri. Maaher dilaporkan lantaran dianggap telah melakukan penghinaan, yakni mengunggah foto Habib Luthfi dengan balutan sorban dan menyebutnya ‘cantik pakai jilbab’.

 

Foto Habib Luthfi tersebut Maaher unggah di akun Twitter @ustadzmaaher_ untuk mengomentari seorang warganet bernama @gunduladul.


“Iya tambah cantik pakai jilbab, kayak kyainya Banser ini ya,” ujar Maaher seraya mengunggah foto Habib Luthfi yang mengenakan sorban, seperti dikutip Suara.com, Sabtu


Namun, saat ditelusuri unggahan dan kicauan tersebut telah dihapus oleh Maaher.


Hanya saja, belakangan kicauan tersebut kembali diungkit oleh warganet bersamaan dengan kasus dugaan penghinaan Nikita Mirzani terhadap Rizieq Shihab.


Seperti diketahui, Maaher At Thuwailibi diciduk tim Bareskrim Polri di rumahnya di Bogor, Jawa Barat pada Kamis (3/12) pukul 04.00 WIB. Maaher At Thuwailibi kemudian menjadi sorotan setelah ditangkap polisi dan menjadi tersangka atas kasus penghinaan ulama karismatik Nahdlatul Ulama Habib Luthfi bin Yahya.(Suara Islam)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda