Resshuffle Kabinet, Gus Yaqut Dipercaya Menjadi Menteri Agama - HWMI.or.id

Tuesday 22 December 2020

Resshuffle Kabinet, Gus Yaqut Dipercaya Menjadi Menteri Agama

 Resshuffle Kabinet, Gus Yaqut Dipercaya Menjadi Menteri Agama

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Joko Widodo) mengumumkan reshuffle kabinetnya pada Selasa, 22 Desember 2020 sore hari di beranda Istana Kepresidenan Jakarta. Setidaknya ada 6 nama menteri baru yang duduk di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.


Salah satunya adalah Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Gus Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut. Presiden Jokowi mempercayakan posisi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. Sementara, Gus Yaqut selain menjabat sebagai Ketua GP Ansor, dia juga menjabat sebagai Anggota DPR RI.


“Yang keempat Bapak Yaqut Cholil Qoumas beliau adalah tokoh muslim, Ketua GP Ansor, dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai menteri agama,” kata Jokowi di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020).


Presiden menegaskan, proses pelantikan para menteri baru akan dilakukan Rabu 23 Desember 2020. “Pelantikan akan dilaksanakan, InsyaAllah besok pagi. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan,” tegas Jokowi.


Diketahui, Yaqut Cholil Qoumas, pria yang lebih dikenal sebagai Gus Yaqut ini lahir di Rembang, 4 Januari 1975, yang merupakan putra dari K.H Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan saudara dari KH. Yahya Cholil Staquf, Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).


Gus Yaqut adalah tokoh muda Rembang. Lulus dari SDN Kutoharjo (1981 – 1987), Gus Yaqut lantas melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987 – 1990) lalu meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990 – 1993) dan menempuh pendidikan sarjana di Universitas Indonesia jurusan sosiologi. (ahn/Dakwahnu.id)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda