Enam Raka'at Sama Dengan 12 Tahun - HWMI.or.id

Wednesday 10 February 2021

Enam Raka'at Sama Dengan 12 Tahun

 


Enam Raka'at Sama Dengan 12 Tahun

Di antara yang di anjurkan oleh Rosulallah Saw yaitu menghidupkan waktu antara magrib dan isya', sebagaimana di katakan oleh sayyidina Alhabib Abdullah bin Alwi Al-Haddad

ومن السنة إحياء ما بين العشائين، وقد ورد في فضله أخبار وآثار 

Sebagian dari sunnah Rasulullah SAW adalah menghidupkan waktu antara Maghrib dan Isya. Telah banyak hadits dan ucapan sahabat tentang keutamaan menghidupkan waktu ini.

Di antara yang di anjurkan adalah melakukan shalat sunnah. Shalat sunnah ini menurut sebagian ulama disebut dengan shalat sunnah awwabin. Tapi menurut pendapat yang lain, shalat sunnah awwabin adalah nama lain dari shalat dhuha.

Bila kita mengambil pendapat bahwa di sunnahkan melakukan shalat sunnah awwabin pada waktu antara magrib dan isya' ini, maka jumlah rokaatnya maksimal 20, minimal 2 rokaat dan paling sedikitnya sempurna yaitu 6 rokaat.

Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Zainudin Al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in.

Mengenai keutamaan sholat Sunnah awwabin sebagaimana keterangan dalam hadits bahwa Pahalanya sama dengan pahala ibadah selama dua belas tahun. 

 Rasulullah Shalallahu alaiihi waAlihi wa shohbihi wa salam ber­kata:

من صلى بعد المغرب ست ركعات لم يتكلم فيما بينهن بسوء عدلت بعبادة ثنتي عشرة سنة

“Barangsiapa yang shalat (sunnah) enam rakaat sesudah shalat Maghrib dan ia tidak berbicara buruk di antara shalatnya, itu di setarakan pahalanya dengan pahala ibadah selama dua belas ta­hun.”

Hadits ini di kategori kan dho'if, hadits dho'if memang tidak boleh di jadikan sebagai landasan hukum halal-haram, namun hadits dho'if menurut pendapat ulama ahli Sunnah wal jama'ah boleh di lakukan dalam hal keutamaan keutamaan beramal (fadhoilul a'amal), seperti melaksanakan sholat Sunnah awwabin yang pahalanya seperti di jelaskan di atas tadi.

(Habib Zaki bin Seggaf Al-Kaff) 

#HubbulWathonMinalIman

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda