Sikap Tegas PBNU: KH Said Aqil Siradj Soroti Rencana Pemerintah Investasi Minuman Keras Dibebaskan - HWMI.or.id

Sunday 28 February 2021

Sikap Tegas PBNU: KH Said Aqil Siradj Soroti Rencana Pemerintah Investasi Minuman Keras Dibebaskan

 KH Said Aqil Siradj Soroti Rencana Pemerintah Investasi Minuman Keras Dibebaskan, Begini Sikap Tegas PBNU



Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj /- Foto : tangkapan layar Instagram @saidaqilsiroj53/


Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj memberikan pernyataan tegas tentang ketidaksetujuannya terhadap rencana pemerintah menjadikan industri minuman keras yang sebelumnya masuk daftar negatif investasi, menjadi keluar dari daftar tersebut.

Yai Said Aqil menyebut bahwa minuman keras adalah minuman yang lebih banyak mudharatnya.

“Minuman keras jelas-jelas lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya,” kata yai Said Aqil dikutip Rembangbicara.com dari nu.or.id pada Minggu, 28 Februari 2021.

Pendirian pabrik baru atau perluasan yang sudah ada, akan mendorong para pengusaha mencari konsumen minuman beralkohol yang diproduksinya demi meraih keuntungan, sementara di sisi lain, masyarakat yang akan dirugikan.


Ia juga tidak sepakat, produksi minuman beralkohol ini untuk tujuan ekspor atau untuk memenuhi konsumsi di wilayah Indonesia Timur yang permintaanya tinggi.


“Seharusnya, kebijakan pemerintah adalah bagaimana konsumsi minuman beralkohol ditekan untuk kebaikan masyarakat, bukan malah didorong untuk naik,” tandasnya.


Ia mengibaratkan, alasan pendirian pabrik baru untuk memenuhi konsumsi ekspor dan Indonesia Timur, seperti yang dilakukan oleh para petani opium di Afganistan.


Sebagaimana diketahui,  pemerintah berencana melakukan upaya untuk memperbarui kebijakan terkait investasi dengan menyesuaikan dengan dinamika dan kebutuhan investasi. ***


(Rembangbicara.com)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda