Viral! Singgung Lagu Indonesia Raya, Khalid Basalamah: Gak Usah Nyanyikan - HWMI.or.id

Tuesday 25 May 2021

Viral! Singgung Lagu Indonesia Raya, Khalid Basalamah: Gak Usah Nyanyikan

 Singgung Lagu Indonesia Raya, Pendakwah Khalid Basalamah: Gak Usah Nyanyikan

Oleh: Fachri Djaman

Khalid Basalamah

Berikut Cuplikan video Ustaz Khalid Basalamah singgung lagu Indonesia Raya. (Twitter AhlulQohwah)

Sebuah video yang memperlihatkan pendakwah, Ustaz Khalid Basalamah menjawab pertanyaan jemaah soal kewajiban menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya beredar di media sosial.

Video Ustaz Khalid Basalamah menyinggung lagu Indonesia Raya itu dibagikan pengguna Twitter AhlulQohwah, seperti dilihat pada Selasa 25 Mei 2021.

Awalnya, netizen tersebut menanggapi sebuah unggahan warganet lainnya, LekMarteg yang membagikan video sejumlah orang tengah menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ia pun mengaku salut dengan sejumlah warga tersebut yang kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya sembari memberi hormat kepada bendera Merah Putih.

“Keren endak menurut kalian??? Patriotisme yang sungguh bikin marto meng’gedhek-gedhekan kepala. Lokasi : Pemancingan Gabukan Turi Sleman Yogyakarta,” tulis netizen LekMarteg di narasi unggahan videonya itu.

Menanggapi video tersebut, netizen AhlulQohwah pun menilai orang-orang yang menyanyikan lagu Indonesia Raya itu tak menuruti pesan dari Ustaz Khalid Basalamah.

“Waduh. Pada ngga mau nurut pesan pa ustad,” cuitnya sembari membagikan video ceramah Khalid Basalamah yang menyinggung soal lagu Indonesia Raya.

Dilihat dari video ceramah Ustaz Khalid Basalamah tersebut, tampak pendakwah itu tengah membacakan pertanyaan dari salah seorang jemaah.

Jemaah tersebut mengungkapkan ke Khalid Basalamah bahwa dirinya setiap pagi di sekolah diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Sekolah ana tiap pagi ada waktu untuk menyanyi lagu kebangsaan (Indonesia Raya), apa yang harus ana lakukan soalnya jika ana tidak lakukan nanti ditegur guru-guru,” kata Ustaz Khalid Basalamah membacakan pertanyaan jemaah itu.

Menjawab pertanyaan tersebut, Khalid pun lantas menyampaikan sarannya agar tak usah ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut.

“Gak usah ikut (menyanyikan). Saran saya gak usah ikut!,” tegas Ustaz Khalid Basalamah.

Menurutnya, tak menyanyikan lagu Indonesia Raya bukan berarti ia melawan negara. Melainkan, kata Khalid, hal itu hanyalah saran darinya.

“Tentunya ini bukan berita kita melawan, tetapi saya membahas saran saya. Saya kan ditanya, kalau saya gak usah ikutlah,” tuturnya.

Ustaz Khalid Basalamah pun menyarankan kepada jemaah itu, jika nantinya kembali diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya maka sebaiknya ia membaca Surat Al-Falaq atau An-Nas.

“Mungkin kalau dia lagi nyanyi, antum ulangi Surat Al-Falaq, An-Nas,” ujarnya.

Artikel ini juga tayang di Terkini.id

Bagikan artikel ini

2 comments

  1. Ustad model begini layak diusir.. suruh pulang ke negeri para onta yg otaknya dipunuknya...!!

    ReplyDelete