Yazid Jawaz Larang Sungkem Orang Tua, Habib Muannas: Aliran Islam Wahabi Ini Berbahaya - HWMI.or.id

Monday 31 May 2021

Yazid Jawaz Larang Sungkem Orang Tua, Habib Muannas: Aliran Islam Wahabi Ini Berbahaya

 

Astaghfirullah! Ustad ini Larang Umat Islam Sungkem ke Orang Tua: Hak Rukuk dan Sujud Adalah Hak Allah

Oleh: mustafa fatah

Pengacara sekaligus mantan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Muannas Alaidid mengkritik Yazid Jawas yang menyebut bahwa hukum sungkem ke orang tua adalah haram.

Hal tersebut disampaikan Muannas melalui akun Twitter miliknya, @muannas_alaidid pada Senin, 31 Mei 2021.

Pengacara itu mengungkapkan bahwa pernyataan Yazid Jawas itu adalah alasan kenapa aliran Islam Wahabi berbahaya.

"Ini alasan kenapa wahabi memang berbahaya. Pendakwah Yazid Jawas: Gak Boleh Sungkem ke Orang Tua, Haram," kata Muannas seperti dilansir Pikiranrakyat-Bekasi.com.

Sebagai informasi, pernyataan Yazid Jawas tersebut disampaikannya melalui sebuah tayangan video yang diunggah di kanal YouTube Sahabat Aswaja Cyber Army.

Dalam tayangan video berjudul ‘Hukum Sungkeman terhadap Orang Tua menurut Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas’ tersebut, tampak sosok Yazid Jawas tengah menyampaikan ceramah.

Ia pun terlihat tengah membacakan sebuah pertanyaan dari jemaah terkait hukum sungkem ke orang tua.

Sumber: Twitter @muannas_alaidid

“Bagaimana hukumnya sungkem pada orang tua?” kata Ustaz Yazid membacakan pertanyaan jemaah itu.

Yazid pun dengan tegas menjawab bahwa hal itu tidak diperbolehkan dalam agama Islam.

“Gak boleh! Kita tunduk aja menundukan badan kita gak boleh dalam Islam,” ujar Yazid Jawas sembari memperagakan pose menunduk.

Menurut Ustaz Yazid Jawas, sungkem ke orang tua itu tidak dibolehkan dalam ajaran agama Islam lantaran hak rukuk dan sujud merupakan hak Allah.

“Hak rukuk dan sujud itu hak Allah,” ujarnya.

Sebagai informasi, Wahabi adalah aliran dalam Islam yang ditujukkan kepada pengikut Muhammad bin Abdul Wahab.

Pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab bisa dibilang sejak dulu sudah kontroversial dan mengundang banyak kritikan bahkan hujatan dari banyak orang.

Beberapa pandangan Ibnu Abdul Wahab yang kontroversial adalah mengenai kebangkitan agama melalui pemulihan Islam ke bentuk “aslinya”.

Hanya ada satu Tuhan dan setiap orang harus menyembah satu Tuhan persis seperti yang diperintahkan dalam Kitab Suci.

Setiap orang harus hidup persis seperti kaum yang awal di Madinah pada zaman Rasulullah SAW dan siapa saja yang menghalangi pemulihan umat suci dan asli itu harus dibinasakan.

Selain itu, pada mulanya Wahab menarik beberapa pengikut di antara sesama orang Baduinya dan dia memimpin kelompoknya ilir-mudik pedesaan, menghancurkan tempat-tempat suci karena semua itu bukanlah objek pemujaan yang pantas, dan Abdul Wahhab mendakwahkan bahwa penghormatan terhadap apa pun atau siapa pun kecuali Allah adalah penyembahan berhala.

Selain itu, Abdul Wahab bersama tentaranya tak segan-segan membantai mereka yang mengabaikan peringatan untuk masuk Islam karena bagi Abdul Wahab Allah telah mengizinkan itu karena mereka adalah orang-orang kafir.

Karena pandangan Ibnu Abdul Wahab tersebut, tak heran banyak menuai kritik dari banyak orang dan bertentangan dengan paham Ahlussunnah wal Jama’ah.

Karena paham Muhammad bin Abdul Wahab dianggap bertentangan dengan mayoritas ulama dan pengikutnya selalu membuat resah masyarakat di mana-mana. (*)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda