Penyelenggaraan Umrah Dibuka Lagi Paling Lambat Bulan Depan - HWMI.or.id

Thursday 23 September 2021

Penyelenggaraan Umrah Dibuka Lagi Paling Lambat Bulan Depan

Di kutip dari suaraislam.co, Ada kabar gembira bagi umat Islam di tanah air. Penyelenggaraan ibadah umrah ke tanah suci mulai dibuka lagi paling lambat bulan depan.

Menurut Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Nur Arifin, penyebab belum dibukanya umrah jemaah Indonesia bukan karena kurangnya lobi pemerintah ke Arab Saudi, melainkan karena pemerintah Arab Saudi sangat memperhitungkan jemaah umrah Indonesia yang jumlahnya sangat banyak dibanding jemaah dari negara lain.

“Arab Saudi sangat berhati-hati sekali. Ada lima negara yang belum dibuka umrahnya termasuk jemaah Indonesia yang jumlahnya sangat besar,” kata Nur Arifin, seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Kamis (23/09/2021).

“Mereka takut kalau nanti menjadi penyebab menyebarnya Covid-19 di negaranya. Makanya pertimbangannya sangat matang,” katanya menambahkan.

Pernyataan Arifin ini disampaikan dalam acara Pembinaan Peningkatan Kinerja Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji Umrah (PPIU) Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.

Acara ini diikuti travel haji dan umrah seluruh Jatim, di antaranya Owner Ziarah Hati Indonesia, H Moch Mas Amiruddin di Hotel Premier Place Juanda.

Dia mengatakan, umrah untuk jemaah Indonesia dalam waktu dekat akan segera dibuka. Paling cepat September ini, paling lambat Oktober mendatang.

“Dari pembicaraan dengan Dubes Arab Saudi Insya Allah September-Oktober ini Arab Saudi akan membuka umrah untuk jemaah Indonesia. Sekarang jemaah umrah Indonesia harus sudah disiapkan dengan memastikan sudah dua kali divaksin,” tambahnya.

Ditanya soal umrah biaya tinggi apabila diberlakukan satu pintu, Nur Arifin mengatakan bahwa itu dilakukan dalam rangka membangun kepercayaan dari Arab Saudi.

“Pengalaman umrah masa pandemi pada November 2020 sampai dengan Februari 2021 terdapat sekitar 2.500 jemaah umrah yang berangkat dan ditemukan 125 jemaah umrah (5 persen) yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tiba di Arab Saudi,” katanya.

“Belajar dari pengalaman tersebut perlu diwacanakan umrah satu pintu melalui Asrama Haji Bekasi atau Asrama Haji Jakarta. Ini tidak seterusnya. Hanya pertama saja untuk membangun kepercayaan dari Arab Saudi,” ujarnya menegaskan.

Dia menambahkan, Kemenag ingin keberangkatan umrah pertama dari Indonesia aman dan tidak ada kasus Covid-19 lagi.

“Kita ingin jemaah umrah pertama yang berangkat ke Arab Saudi, nol kasus Covid-19. Bahkan, Pak Dubes Arab Saudi untuk Indonesia juga akan mengawal langsung jemaah umrah keberangkatan pertama dari Indonesia,” katanya memungkasi.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda