Sesalkan Perusakan Masjid Ahmadiyah, Gus Helmy: NU Siap Jadi Juru Damai - HWMI.or.id

Monday 6 September 2021

Sesalkan Perusakan Masjid Ahmadiyah, Gus Helmy: NU Siap Jadi Juru Damai

Sesalkan Perusakan Masjid Ahmadiyah, Gus Helmy: NU Siap Jadi Juru Damai

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyesalkan peristiwa perusakan masjid Ahmadiyah di Tempunak, Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Atas kejadian ini, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Gus Helmy Faishal Zaini meminta semua pihak tetap tenang dan masyarakat menahan diri untuk tidak main hakim sendiri.

“Seluruh pihak mari saling menghargai perbedaan antargolongan,” ujarnya, Sabtu (4/9/21).

Menurutnya, Indonesia yang merupakan negara hukum yang harus ditaati peraturannya. Tidak selayaknya dan tidak sepatutnya jika tidak setuju dengan suatu hal kemudian melakukan aksi main hakim sendiri.

“Kalau pola main hakim sendiri dibiarkan itu sama dengan pembiaran terhadap pola-pola negara barbar. Ini kan bukan negara barbar, ini negara hukum,” ucap Helmy.

Beliau tidak membenarkan bahwa dalam setiap protes karena perbedaan dilakukan dengan cara-cara kekerasan dan merusak. Menurutnya, PBNU siap menjadi juru damai menyelesaikan masalah yang terjadi.

“Saya kira kita punya budaya dan tradisi bermusyawarah untuk menyelesaikan segala sesuatu dan NU siap juru runding, juru damai dalam masalah ini supaya nggak ada kemelut ya,” ujarnya

Beliau berharap kepada aparat keamanan dan kepolisian untuk segera mengusut tuntas duduk masalahnya seperti apa.

Sebelumnya, Mahfud Md menelepon Gubernur dan Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) usai peristiwa perusakan Masjid Ahmadiyah di Tempunak, Sintang. Mahfud mengingatkan semua pihak harus mengikuti aturan yang berlaku.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Gubernur dan Kapolda Kalimantan Barat agar segera ditangani kasus ini dengan baik dengan memperhatikan hukum, memperhatikan kedamaian dan kerukunan, juga memperhatikan perlindungan terhadap hak asasi manusia. Semuanya harus ikut aturan hukum,” ujarnya.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda