Gagal Total Tuduhan TNI Komunis - HWMI.or.id

Friday 1 October 2021

Gagal Total Tuduhan TNI Komunis

Pada tanggal 27 Februari 1933, gedung parlemen Jerman yang dikenal dengan Reichstag terbakar karena dibakar.  Kepemimpinan Nazi dan mitra koalisi nasionalis Jerman memanfaatkan api untuk meyakinkan Presiden Paul von Hindenburg bahwa komunis sedang merencanakan pemberontakan dengan kekerasan untuk menggagalkan "pembaruan" Jerman.

Kabinet Adolf Hitler menggunakan pembakaran itu sebagai alat untuk membentuk pemerintah koalisi Nazi dengan menggunakan ancaman komunis sebagai alat propaganda. Hitler lalu mendorong terbitnya "Dekrit Kebakaran Reichstag" dengan memfitnah semua partai tandingannya dan menekan publikasi.

Meskipun Komunis Jerman pada kenyataannya tidak mengembangkan rencana pemberontakan dan pembakaran, dampak propaganda itu menghasilkan ketakutan akan pengambilalihan kekuasaan oleh kaum komunis. Hitler meyakinkan orang Jerman bahwa tindakan tegasnya telah menyelamatkan bangsa dari “Bolshevisme.” Di depan media Hitler seringkali hadir penuh wajah prihatin dan meyakinkan publik atas eksistensi komunisme di Jerman. Dia berhasil memainkan drama politik dengan cara membakar Reichstag, yang juga menjadi "markas kerja" partainya sendiri.

Bagi orang yang terbiasa membangun "moral disaster" - meminjam istilah filsuf Igor Primoratz - mengadu domba adalah sesuatu yang sederhana. Bahkan seperti halnya Hitler, membakar gedung parlemen demi fabrikasi politik tetap membuatnya tidur nyenyak. Dan akhirnya sejarah menyajikan fakta kepada kita; memberi kekuasaan kepada orang seperti Hitler sama artinya dengan memberikan leher kepada Drakula.

Gatot Nurmantyo berusaha "membakar Reichstag". Demi terciptanya konstruksi populisme politik yang dibangun dengan kebohongan brutal akibat obsesi buta terhadap ambisi kekuasaan. Dia memecah belah dan menyerang bekas markasnya sendiri, sembari meludah ke atas langit.

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10219503660076933&id=1076831809

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda