Hubungan Erat Lirboyo dan Sarang, Dari Sahabat, Sanad, Hingga Nasab - HWMI.or.id

Wednesday 6 October 2021

Hubungan Erat Lirboyo dan Sarang, Dari Sahabat, Sanad, Hingga Nasab

Hubungan Erat Lirboyo dan Sarang, Dari Sahabat, Sanad, Hingga Nasab.

Siapa yang tidak kenal dengan dua Pondok Pesantren diatas? Dua Pondok Salaf besar yang tetap eksis ditengah gempuran Pendidikan Modern. serta sebagai tempat penempaan untuk mencetak insan yang berakhlaqul karimah, religius, jenius, cendikiawan dan tentunya beriman.

Lirboyo, Pondok besar yang kokoh berdiri pada tahun 1910 di Bumi Brawijaya, Kota Kediri, Dengan data terbarunya mecapai 28.000 Santri lebih.

Serta Sarang, Sebuah kota santri yang menjadi Maghnet untuk menimba ilmu agama disekitaran Jawa Tengah, khususnya Wilayah Pantura.

Dua Pengasuh pondok besar ini juga memiliki peran penting dan menjadi panutan bagi umat islam Nusantara, Wabil Khusus Ormas terbesar di Dunia, Nahdlatul Ulama.

KH Anwar Mansur, Pengasuh

Pondok Lirboyo sekarang menduduki posisi Mustasyar PBNU dan Syuriah PWNU Jatim,  begitupula Alm. KH Maimoen Zubair dimana masa hidup beliau sering menduduki posisi penting di PBNU, hingga beliau meninggal posisi beliau masih sebagai Mustasyar PBNU. Bahkan Dzuriah dari dua Pondok salaf ini juga ada  yang menduduki post-post penting negeri ini.

Dibalik perkembanganya yang begitu pesat, ternyata Lirboyo dan Sarang memiliki hubungan yang erat, bermula dari hubungan antar sahabat dekat, kemudian saling menyambung sanad keilmuan, dan sekarang terhubung tali nasab.

Sumber: FB GROUP GALERI FOTO DAN KISAH PARA ULAMA

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda