Respon Cuitan Rasis Pigai, Yenny Wahid Beri Jawaban Menohok - HWMI.or.id

Saturday 9 October 2021

Respon Cuitan Rasis Pigai, Yenny Wahid Beri Jawaban Menohok

Direktur Wahid Institute Yenny Wahid buka suara soal cuitan eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai di Twitter belum lama ini.

Seperti diketahui, Natalius Pigai dalam tulisannya di Twitter meminta rakyat tidak percaya orang Jawa Tengah dalam hal ini Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dikutip dari suaraislam.co, Wanita bernama asli Zannuba Ariffah Chafsoh itu menyadari tulisan Pigai di Twitter, bukan sekadar persoalan HAM, tetapi kental unsur politisnya.

Namun, Yenny mengingatkan Pigai bukan hanya aktivis HAM melainkan juga seorang pejuang politik yang punya tujuan-tujuan politis. Oleh karena itu, mantan reporter itu menilai perlu kecermatan dalam memahami yang disampaikan Pigai ke khalayak banyak.

“Kalau kita hanya membaca secara simplistik saja apa yang disebutkan Bung Pigai jelas itu salah, rasisme kepada siapa pun itu tidak dibenarkan,” ujarnya.

Yenny menuturkan, sikap rasisme kepada orang Papua, Jawa, Sulawesi, dan Sumatera adalah hal yang salah dan tidak bisa diterima di Indonesia.

Oleh karena itu, putri Presiden Keempat RI Abdurachman Wahid atau Gus Dur itu menyebut kesalahan seseorang tidak boleh dibalas dengan kekeliruan meskipun ada rasa kesal dan marah.

“Jadi, walau kita kesal dan marah tetapi kita tidak boleh membalasnya dengan hal yang salah pula,” ungkapnya.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda