Thoriqoh Shidiqiyyah (Ploso-Jombang) Bukan Thariqah Mu'tabarah. - HWMI.or.id

Thursday 14 July 2022

Thoriqoh Shidiqiyyah (Ploso-Jombang) Bukan Thariqah Mu'tabarah.

Ada beberapa orang yang ngejapri saya sebab tidak memasukan nama Thoriqoh Shidiqiyyah (Ploso-Jombang) sebagai Thoriqoh yang diakui oleh NU dan tidak masuk jajaran di Jatman NU.

Sebab dua poin penting:

1. Thoriqoh ini tidak diklasifikasikan sebagai Mu'tabarah dan tidak terlibat dalam jaringan budaya Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Jombang, karenanya mungkin dianggap oleh beberapa orang tidak penting.

2. Thoriqoh ini terkesan sangat eksklusif. Kesan eksklusivitas itu diakui oleh banyak warga sekitar di Jombang. Karena itu pula, akhirnya banyak pihak yang menganggap tokoh Thoriqoh Shiddiqiyah, yakni Syaikh

Muhammad Muchtar sebagai orang yang kontroversial. Sebab, ia memerintahkan pengikutnya untuk tetap melaksanakan shalat Zhuhur, kendati telah mengerjakan shalat Jumat.

Pendiri & alMursyidi Thoriqoh Shiddiqiyyah saat ini adalah Syekh Muhammad Muchtar bin Abdul Mu'thi Muchtarullah Al-Mujtaba. 

Beliau mulai mengajarkan Thoriqoh Shiddiqiyyah sejak tahun 1954, setelah memperoleh izin dan perintah dari Mursyidnya yaitu Asy-Syaikh Ahmad Syuaib Jamali Al-Banteni, yang pergi ke luar negeri.

Sumber: Helmi Chan

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda