Gus Dur, Paku Bumi Jakarta Dan Pembelaannya Pada Habaib - HWMI.or.id

Friday 26 June 2020

Gus Dur, Paku Bumi Jakarta Dan Pembelaannya Pada Habaib

Gus Dur, Paku Bumi Jakarta dan Pembelaannya pada Habaib
.


HWMI.OR.ID, Pernah berkata, Almarhum Birrahmatil Hayyil Qayyum, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur): “Di Jakarta ini, sebagai Pakunya ada tiga. Mereka itu auliya’ minal aqthab wasshalihin (para wali Allah, termasuk pemimpinnya para wali dan orang-orang shaleh). Bersyukur kepada Allah adanya mereka di kota ini, terasa aman dan jauhnya segala marabahaya di kota ini. Semua Allah hindarkan berkat adanya beliau-beliau. Beliau bertiga adalah:
.
1. Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus Luar Batang, dengan kekeramatannya yang luar biasa.
.
2. Al-Habib Utsman bin Yahya Mufti Betawi, dengan kitab-kitabnya.
.
3. Al-Habib Ali bin Abdurrahman al-Habsyi Kwitang, dengan dakwahnya.
.
Di masa mereka, hidup saja orang-orang bahagia di dekatnya. Beruntunglah kalian ahli Jakarta.”
.
Album kenangan, foto di atas adalah sewaktu Gus Dur menyempatkan hadir di Pondok Pesantren al-Fachriyah di Cileduk, sekitar tahun 1994. Kedatangan beliau memberi dukungan kepada al-Habib Nauval bin Salim bin Jindan yang sedang menentang pimpinan MUI KH. Hasan Basri yang tidak mengakui adanya keturunan Nabi Saw. Peristiwa tersebut merupakan hal yang sulit dilupakan.
.
Diantara pidato yang disampaikan Gus Dur waktu itu adalah: “Hanya orang bodoh yang mengatakan batu permata dibilang batu koral. Dan yang paling bodoh batu permata kok dihargakan batu kerikil. Mereka para cucunya Rasulullah Saw. datang ke negeri ini merupakan karunia Tuhan yang terbesar. Dan hanya orang-orang yang kufur nikmat kalau tidak mau mensyukurinya.”
.
.
Alfatihah.....

www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda