ORBA Menyingkirkan NU - HWMI.or.id

Wednesday 17 June 2020

ORBA Menyingkirkan NU



ORBA Menyingkirkan NU
.
Pada 1966-1967, selain Angkatan Darat (AD), Nahdlatul Ulama’ (NU) merupakan kekuatan utama Soeharto dalam merebut kekuasaan. Massa NU di akar rumput berjibaku menggilas kekuatan sisa PKI. Para intelektualnya memobilisasi demonstrasi anti PKI di kota-kota besar yang dimotori Subchan ZE. Mesin politik NU di parlemen memuluskan pengambilalihan kekuasaan Soekarno secara konstitusional melalui Memoradum Nurddin Lubis dan Djamaluddin Malik (Feillard: NU Vis-à-vis Negara.) 
.
Saking besarnya sokongan NU kepada Jenderal Soeharto, Mayjen Mokoginto, Panglima Militer Sumatera saat itu mengatakan “Angkatan bersenjata ‘menyerahkan’ tentaranya kepada NU dan sebaliknya.” (Berita Yudha: 3-3-1966). 
.
Apa yang terjadi setelah Orde Baru (Orba) kuat dengan memenangkan Pemilu 1971 dan Soeharto mapan secara politik? Duta Masyarakat, media massa NU dilarang terbit. Subchan ZE, politisi brillian NU itu meninggal secara misterius di Makkah setelah menolak hasil pemilu 1971, dan NU sendiri sepanjang kekuasaan Orba menjadi kekuatan besar yang tersingkirkan dari pentas politik.

(Makinuddin Samin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda