Panglima TNI: NU Sangat Membantu Upaya Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19 - HWMI.or.id

Friday 12 June 2020

Panglima TNI: NU Sangat Membantu Upaya Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19



Panglima TNI: NU Sangat Membantu Upaya Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut dan Kepala Staf Angkatan Darat. 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memuji keterlibatan Nahdlatul Ulama dalam menangani pandemi virus Corona atau Covid-19. Menurut panglima, langkah yang dilakukan NU sangat konkret.

“Langkah NU memitigasi bahaya Covid-19 melaui pesantren-pesantren, masjid, majleis taklim, adalah hasil nyata kepedulian terhadap kemaslahatan umat. Di samping itu, peran Asosiasi Rumah Sakit NU, dokter NU, serta Satgas NU Peduli Covid-19 sangat membantu upaya pemerintah melawan pandemi,” kata panglima pada acara Halal Bihalal Keluarga Besar TNI dan Polri bersama PBNU secara virtual, Selasa, (9/6/2020).

Bahkan menurut panglima, dalam menangani Covid-19, tindakan NU telah menunjukkan semangat kebangsaan yang sangat tinggi karena melampaui batas-batas negara. Hal itu tampak atas kerja sama antara NU dan Kementerian Luar Negeri dalam memberikan bantuan kepada WNI yang berada di luar negeri.

“Warga Nahdliyin telah menjadi duta-duta bangsa. Hal ini terbukti dengan diselenggarakannya silaturahmi PCINU se-dunia yang dilakukan secara daring beberapa waktu yang lalu,” ucapnya.

Keberadaan NU sebagai organisasi sosial keagamaan yang terbesar di dunia disebutnya terus dibutuhkan dalam menangani Covid-19, khususnya dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam kehidipan sehari.

“Di sinilah peran strategis NU untuk mengkampanyekan pola hidup sehat melalui pendekatan dan cara-cara baik sesuai tuntunan dan ajaran Islam yang mulia,” ucapnya.

Sementara Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyatakan, kontribusi NU sangat membantu institusinya dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kapolri berharap, komunikasi dan sinergitas yang selama ini terbangun antara Polri, TNI, dan NU tetap terjaga.

“Kami menyadari bahwa tanpa bantuan dari para kiai, para warga Nahdliyin, tentu tugas-tugas kami di TNI-Polri tidak akan bisa lancar,” kata kapolri.

“Saya menyakini bahwa peran serta keluarga besar Nahdlatul Ulama di seluruh Indonesia sangat bagus di dalam mengajak masyarakat untuk ber-fastabiqul khoirot, sehingga dapat bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa, khususnya TNI dan Polri di dalam amar ma’ruf nahi munkar,” imbuhnya.

Sumber : NU Online

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda