Amalan-Amalan Hari Raya - HWMI.or.id

Thursday 30 July 2020

Amalan-Amalan Hari Raya





AMALAN-AMALAN HARI RAYA*

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati. (Ia akan diselamatkan dihari kiamat dan dijaga dari mati su'ul khotimah) HR.Thabrani 

🔹 Amalan-amalan hari raya🔹

1⃣ Disunnahkan ketika malam hari raya setelah waktu Maghrib untuk mandi.

2⃣ Membaca doa ini setelah shalat sunah ba'diyah Maghrib: 

يا ذا الجلال والإكرام يا ذا الطٙول يا مصطفيا محمدا وناصره صل على سيدنا محمد وال سيدنا محمد واغفر لى كل ذنب أذنبته ونسِيته أنا وهو عندك فى كتاب مبين.

Yâ dzal jalâli wal Ikrôm Yâ dzath-thouli Yâ musthofiyan Muhammadan wanâshirohu sholli 'ala sayyidinâ Muhammadin wa âli sayyidinâ Muhammadin waghfir lî kulla dzanbin adznabtuhû wanasîtuhû ana wahuwa 'indaka fî kitâbin mubîn. 

Kemudian sujud (dengan niat sujud syukur) dan membaca:

أتوب إلى الله 
(Atûbu ilallôh 100 kali)

Kemudian minta hajatnya mustajab insha Allah.

3⃣ Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Memperbanyak sholat sunnah dan bacaan2 dzikir.

4⃣ Ijazah Dari Al Alamah Al Habib Abdullah bin Abdul Qodir bil Faqih Kota Malang:

سُبْحَانَ اللهِ الْحَيِّ الْقَيُّوْم الَّذِي لا  يَمُوتُ رَبِّ اغْفِرْ لِي 

Subhānallôhil hayyil qoyyūmil-ladzī lā yamūtu robbighfir lī

Barang siapa membaca dzikir ini sebanyak 100 kali di malam Idul Fitri atau Malam Idul Adha. Maka ia mendapat pahala seperti beribadah seumur hidup.

5️⃣ Barangsiapa yang membaca:
سبحان الله وبحمده

(Subhânallôh wabihamdihi 300x)

Lalu ia menghadiahkan untuk muslimin yang sudah wafat, maka seribu cahaya akan masuk di setiap kubur, dan Gusti Allah akan memasukkan seribu cahaya ke kuburnya jika ia meninggal.

6️⃣ Wasiyat KH Abdul Karim Lirboyo kediri: "Senakal-nakalnya santri jangan sampai tidak menghidupkan dua malam hari raya (Idul Fithri dan Idul Adlha) dengan melaksanakan sholat sunah minimal dua rokaat setelah Isya’ dan satu rokaat witir”

7️⃣ Syaikh Al Wana’i dalam risalahnya: Barangsiapa membaca istighfar seratus kali (100x) setelah Sholat Shubuh di pagi Hari Raya, maka akan dihapus dosa-dosanya di dalam buku catatannya, dan pada hari kiamat akan aman dari siksa.

8️⃣ Masih dari Syaikh Al Wana’i: Barangsiapa membaca: 
سبحان الله وبحمده

(subhânallôh wabihamdihi 100x) pada Hari Raya, dan menghadiahkan pahalanya untuk ahli kubur, maka para ahli kubur berkata, ”Wahai Dzat Yang Maha Penyayang, rahmatilah ia, dan jadikanlah ia ahli surga”.

9️⃣ Syaikh Al-Zuhri berkata: Sahabat Anas r.a. berkata, Nabi Muhammad ﷺ bersabda : Barangsiapa di dua Hari Raya mengucapkan:

 لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ،لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَحَيٌّ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر

Lâ ilâha illallôhu wahdahû lâ syarîka lah, lahul mulku walahul hamdu yuhyî wayumîtu wahuwa hayyun lâ yamûtu biyadihil khoiru wahuwa 'alâ kulli syaiin qodîr.

(sebanyak 400 x sebelum sholat ‘Ied) Maka Gusti Allah SWT akan menikahkannya dengan 400 bidadari, seakan akan memerdekakan 400 budak, dan Gusti Allah SWT mewakilkan para malaikat untuk membangun kota-kota dan menanam pohon-pohon untuknya di hari kiamat. wallôhu a'lam

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين

Santri Droid


www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda