Kebersamaan NU-Rabithah Alawiyah Gagalkan Agenda Benturkan Nahdliyin-Habaib - HWMI.or.id

Monday 13 July 2020

Kebersamaan NU-Rabithah Alawiyah Gagalkan Agenda Benturkan Nahdliyin-Habaib



Semakin dekatnya hubungan Nahdliyin dengan Habaib akan memporak-porandakan agenda busuk pihak-pihak tertentu yang ingin membenturkan jamaah NU dengan dzuriyah Rasulullah SAW.   

Sekretaris PWNU Jawa Tengah H Hudallah Ridwan Naim mengatakan, untuk menggagalkan agenda busuk mereka itu, agenda silaturahim PWNU Jateng-DPW Rabithah Alawiyah Jateng terus ditingkatkan intensitasnya hingga menyentuh ke akar rumput.   

"Akhir pekan lalu, para habaib di kawasan eks karesidenan Banyumas  bersilaturahim dengan PCNU Purbalingga. Bahkan silaturahim berujung pada agenda aksi silah harakah, aksi sosial bersama akan dilangsungkan Agustus mendatang," kata Gus Huda di Semarang, Ahad (12/7).   

Disampaikan, laporan dari PCNU Purbalingga ke wilayah menyebutkan suasana silaturahim dengan habaib berjalan lancar karena memang sebelum agenda organisasi ini dilaksanakan secara personal masing-masing sudah saling mengenal dan berhubungan baik.   

"PWNU Jateng sangat mendukung kerja bareng PCNU Purbalingga dengan Rabithah Alawiyah yang akan menyelenggarakan kegiatan bersama yang fokusnya untuk penguatan Aswaja," jelasnya.   Kebersamaan NU dan Rabithah Alawiyah terus digaungkan hingga tingkat cabang. 





Kegiatan silaturahim di PCNU Purbalingga (Foto: Dokumen Rabithah Alawiyah Banyumas)   

Hudallah menambahkan, dengan tersinerginya nahdliyyin-habaib yang direpresentasikan Jamiyah NU-Rabithah Alawiyah di semua tingkatan diharapkan dapat semakin meyakinkan  masyarakat umum bahwa NU dan para habib itu saling menyayangi.   

"Kesamaan semangat menjaga akidah ahlussunnah wal jamaah menjadi perekat di antara kedua belah pihak. Dalam berakidah NU mengacu pada asy'ariyah dan maturidiyah, bermadzhab dalam fiqih, pengamal ajaran tashawuf dan mencintai NKRI," tegasnya.   

Dikatakan, masifnya silaturahim di daerah-daerah ini akan menjadi benteng penghalang bagi pihak-pihak tertentu yang ingin benturkan NU-habaib melalui beragama isu mulai dari politik, akidah, fiqih, kebangsaan, dan sebagainya.   

Ketua DPW Rabithah Alawiyah Jateng Habib Abu Bakar Alatas mengatakan, silaturahim Pengurus Rabithah Alawiyah se-eks Karesidenan Banyumas dengan PCNU Purbalingga Sabtu lalu menjadi ajang konsolidasi bersama untuk melaksanakan kegiatan sosial.   

Dijelaskan, saat ini sedang dirancang kegiatan sosial pengobatan gratis yang lokasi dan volume kegiatannya sedang dibicarakan. 
 
 "Alhamdulillah gagasan kami bersama PWNU Jateng untuk berupaya mensolidkan sinergi nahdliyin dengan habaib dalam ranah organisasi mulai nampak kemajuannya," ungkapnya.   

Disampaikan, di Kota Pekalongan sendiri kerja sama antara NU dan Rabithah Alawiyah sudah berjalan cukup lama. Mulai dari halal bihalal, pengobatan gratis, halaqah, dan kegiatan bakti sosial ke warga terdampak banjir dan rob.   

"Saya bersyukur di beberapa cabang lain mendapat respons yang sangat positif dari NU. Sehingga kami akan semakin masif untuk bergandengan tangan membantu umat melalui kerja-kerja sosial maupun kajian keagamaan," pungkasnya.

NU Online

www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda