Imam Hatim Al-Ashom : Kekasih Sejati - HWMI.or.id

Friday 10 July 2020

Imam Hatim Al-Ashom : Kekasih Sejati


Wahai anakku (tercinta)

ketika engkau mengerti makna hadits tersebut (hadits nasihat #14), maka dirimu tidak membutuhkan ilmu yang banyak, dan renungkanlah hikayat yang lain, yaitu Imam Hatim al-‘Ashom salah seorang santri Imam Syaqiq Al-Balkhi (semoga Rahmat Allah tercurahka kepada beliau berdua).

Suatu hari Imam Syaqiq al-balkhi bertanya kepada santri yang bernama Hatim Al-‘Ashom :

Kamu telah menemaniku selama tiga puluh tahun, apa yang telah engkau dapatkan?

Imam Hatim menjawab :” aku telah mendapatkan delapan faidah dari ilmu, dan hal itu sudah cukup bagiku, karena sesungguhnya aku berharap keselamatanku di dalam delapan faedah tersebut.

Lalu Imam Syaqiq Al-Balkhi bertanya : Apakah delapan faidah tersebut?

Imam hatim Al-Ashom menjawab :

Pertama : Aku telah melihat semua makhluq, setiap dari mereka memiliki kekasih yang dicintai dan rindukan, sebagian dari kekasih itu ada yang menemaninya hanya sampai ketika sakit menjelang ajal, sebagian dari kekasih itu ada yang mengantarkan sampai di pinggir kubur, kemudian kembali dan meninggalkanya dalam kesepian dan kesendirian, dan tidak ada seorangpun yang menyertainya masuk ke dalam kubur.

lalu aku berfikir dan berkata: sebaik-baik kekasih adalah yang bisa ikut masuk di dalam kubur dan membahagiakanku disana, dan aku tidak menemukanya kecuali amal-amal yang baik, maka aku menjadikanya sebagai kekasih agar bisa menjadi lampu penerang didalam kuburku serta selalu menjadi penentram yang tidak akan meninggalkanku seorang diri. (azf)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda