Habib Luthfi Sampaikan Pentingnya Membangun Jiwa Untuk Persatuan Bangsa - HWMI.or.id

Friday 7 August 2020

Habib Luthfi Sampaikan Pentingnya Membangun Jiwa Untuk Persatuan Bangsa



Habib Luthfi sampaikan pentingnya membangun jiwa bagi warga NU untuk persatuan bangsa Indonesia pada pengajian rutinan Selapanan Jum’at Kliwon Kanzus Sholawat Pekalongan (7/8) yang disiarkan langsung di laman youtube resmi NU Channel.


Di tengah pandemi Covid-19, keretakan bangsa bisa terjadi kapan saja. Melalui kesempatan yang diberikan Allah SWT, Habib luthfi tuturkan pikiran atau ruh yang baik akan membawa hati menjadi baik.


“Bila ruh telah terbangun dengan baik, akan mewarnai jiwa tersebut bagaimana hati kita. Semakin ruh itu hidup hati kita akan tambah Ma’rifatullah, semakin kita mengenal Allah SWT kita akan mengenal kepalsuan yang ada di diri kita sehingga yang kita kenal selain Allah SWT adalah fana,” tegasnya di pengajian rutinan yang disiarkan langsung di youtube.


Selanjutnya, Ketua Forum Ulama Sufi Dunia ini juga menjelaskan manfaat membangun jiwa yang bersih dapat berpengaruh untuk sekitar, terutama untuk bangsa Indonesia itu sendiri di mana masyarakatnya bisa membedakan hal yang mengancam persatuan bangsa.


“Bilamana ini hati telah hidup akan memperhatikan bagaimana tipuan yang merusak jiwa kita. Kalau jiwanya hidup, bangunlah badannya, wah itu benteng yang luar biasa untuk kita semua. Mari kita bangun jiwanya, bahwa selain allah adalah makhluk. Lalu kita bisa melihat bisa membedakan apa tipu daya yang ada di dalam kehidupan ini,” ungkapnya.


Selain itu, Habib Luthfi mengungkapkan pentingnya pengajian rutinan ini untuk membangun qolbun salim.


“Dengan adanya pengajian ini untuk membangun qolbun salim. Artinya luas, tidak di akhirat saja. Umat islam kompak rukun dengan segala kejadian tidak muda dipicu dan dibenturkan karena ruhnya hidup. Berita benear atau tidak karena telinganya punya filter,” ujar Habib Luthfi.


Sebagai informasi, qolbun salim adalah salah satu jenis hati yang memiliki spiritualitas tinggi. Jenis hati ini biasa dipercaya peka terhadap Asma Allah dan ayat-ayat Al-Qur’an. Sesuai dengan namanya, qolbun salim berarti hati yang sehat, bersih, dan selamat.


Lebih lanjut, salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini menjelaskan pentingnya membangun keukhuwahan, membangkitkan persatuan bangsa yang lebih kuat untuk membangun fondasi yang kokoh bagi Indonesia.


“Dengan keadaan apapun, ayo kita bangun keukhuwahan, bangkitkan persatuan yang lebih kuat karena itu benteng yang paling kokoh bagi Indonesia. Bangunlah jiwanya dengan dasar dalil indonesia saja, ketuhanan yang maha esa. Itu sudah sangat luar biasa, tinggal pengamalannya saja,” tutunya. (Ahn)


Pewarta : Jorgy Yusuf

www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda