Habib Muhammad Al-Hasyimi: Kenapa HRS Tidak Di Dukung Habaib Internasional? - HWMI.or.id

Monday 23 November 2020

Habib Muhammad Al-Hasyimi: Kenapa HRS Tidak Di Dukung Habaib Internasional?

Kenapa HRS Tidak didukung Habaib Internasional?



Walaupun cukup jelas tetapi mungkin banyak yg tidak menyadari bahwa sikap para Habaib seperti Habib Umar Bin Hafidz, Habib Abubakar Adni Almasyhur, Habib Ali Al-Jufri, bahkan mayoritas Habaib sepuh yg di timur tengah tidak mendukung pergerakan HRS.


Selain Habaib Nasional seperti Habib Ja'far Alkaaf Kudus, Habib Luthfi bin Yahya, Habib Abubakar Al-Attas, Habib Zein Al-Hadi  dan ratusan para Habaib yg enggan masuk eFPeI,  Sudah bukan rahasia juga kalau saat berkunjung ke Indonesia pada 2019 lalu, Habib Umar bin Hafidz sebagai sepuh para Habib memberi arahan kepada umat dan murid2nya untuk tidak mendukung pihak yg memainkan Isu SARA sebagaimana beliau juga tidak membuat pernyataan apapun untuk mendukung HRS.


Hal itu karena ada beberapa hal penting yg membuat para Habaib sepuh itu bersikap acuh terhadap HRS, di antaranya karena 6 penilaian berikut:


1. ETIKA. Dalam banyak pidato dan ceramahnya, HRS  seringkali menghujat dan mengeluarkan kata2 kasar terhadap sosok2 yg disebut olehnya dan bahkan melecehkan budaya lokal. Hal itu dianggap sangat tidak Etis dalam tradisi dakwah Habaib.


2. HRS & eFPeI sempat membuat surat pernyataan mendukung gerakan 1S1S di timur tengah yg notabene bersebrangan dengan visi para Habaib dan sesepuh Aswaja.


3. Dengan terjun ke dalam politik praktis dan bersikap provokatif, HRS dinilai telah keluar jalur Islam rahmah (Washota) dan jalur Tasawuf yg sepanjang sejarah sudah menjadi toriqoh para Habaib dan para wali.


4. Bahu membahu dalam pergerakan dengan kelompok garis keras Wahabi yg mana tidak pernah terjadi dalam sejarah Habaib semenjak awal masa. 


5. Visi misi amar ma'ruf yg dinilai bersifat tidak konsisten sesuai syarat syar'i dan cenderung tidak terarah.


6. Walau banyak amal yg terlihat positif, namun semenjak berdiri dan sampai saat ini HRS dan eFPeI dilihat tidak berhasil dalam Dakwah ke dalam maupun luar Islam. Bahkan semakin hari dianggap semakin mirip dengan Al-Qaedah dan Taliban yg berpotensi memantulkan rasa takut terhadap islam ketimbang simpati.


Catatan singkat ini tidak memuat rincian argumen, namun silahkan perhatikan dan pertanyakan, bahwa nyatanya Itu semua adalah garis besar penilaian Ulama dan Habaib manca negara yg cenderung abstain dan tidak mendukung HRS.


Sumber: Habib Muhammad Al-Hasyimi

Independent Journalis

_Juzur Alqomar 19-11-20_



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda