Menag Fachrul Razi Angkat Habib Luthfi Bin Yahya Jadi Penasehat - HWMI.or.id

Friday 18 December 2020

Menag Fachrul Razi Angkat Habib Luthfi Bin Yahya Jadi Penasehat

Menteri Agama Fachrul Razi mengangkat Luthfi Bin Yahya menjadi penasihat menteri untuk memberikan masukan terkait kerukunan beragama.


Menag Fachrul Razi mengangkat Habib Luthfi Bin Yahya menjadi penasihat menteri. 

(Foto: Arsip Humas Kemenag)


Menteri Agama Fachrul Razi memutuskan untuk mengangkat anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya sebagai penasihat Menteri Agama dalam melaksanakan tugas memimpin Kementerian Agama.

"Menag telah meminta dan menjadikan Habib Luthfi sebagai penasihat guna memberi masukan strategis dalam memimpin Kementerian Agama," kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal dalam keterangan resminya, Jumat (18/12).

Baca juga: Hati-hati Berdemo, Ulama Ini Nilai Demo Anarkis Haram

Kevin mengatakan, Fachrul mengharapkan arahan dan masukan dari Habib Luthfi sebagai ulama tersohor di Indonesia saat ini. Luthfi, kata Kevin, akan melaksanakan tugas memberikan masukan kepada Fachrul dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama.

"Habib Luthfi sosok ulama kharismatik yang selalu dan tidak pernah lelah bicara tentang persatuan dan kesatuan di NKRI," kata Kevin.

Habib Luthfi sendiri sampai saat ini masih menjabat sebagai anggota Wantimpres periode 2019-2024. Habib Luthfi yang dikenal dengan 'Habib Pekalongan' itu merupakan Rais 'Aam Idaroh Aliyah Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) periode 2017 - 2022.

Nama Habib Luthfi masuk dalam daftar tokoh Islam paling berpengaruh di dunia tahun 2020 versi The Muslim 500. Ia berada di posisi di posisi ke-32 dari 50 tokoh berpengaruh dunia 2020.

Baca juga:PWNU DIY Tegaskan Tidak Bertanggung Jawab Atas Aksi FUI Di Titik Nol KM

Nama Luthfi juga dikenal sebagai pengasuh atau Ra'is 'Am Jami'iyyah Ahlu Thariqah al Mu'tabarah an Nahdiyah (Jatman) sampai saat jni. Ia menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah pada 2005-2010.

Habib Luthfi pun mendirikan AhliThoriqoh al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah (MATAN). Satu organisasi tarekat yang disediakan untuk kelompok pelajar di kalangan mahasiswa.

Melalui berbagai majelis-majelis, Luthfi menyebarkan dan mengajarkan model keislaman yang moderat kepada para jemaahnya selama ini.

(rzr/psp/CNN Indonesia)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda