Pangdam Dudung Dan Habib Luthfi Berikrar Tolak Kaum Intoleran - HWMI.or.id

Wednesday 23 December 2020

Pangdam Dudung Dan Habib Luthfi Berikrar Tolak Kaum Intoleran

 Pangdam Dudung dan Habib Luthfi Berikrar Tolak Kaum Intoleran


Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengundang sejumlah tokoh agama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Rabu (23/12). 

(Foto: CNN Indonesia/ Damar Iradat)


Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengundang sejumlah tokoh agama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021. Dudung mengatakan, undangan tersebut sebagai bentuk silaturahmi demi keutuhan bangsa dan negara.

"Acara silaturahmi kebangsaan ini untuk keutuhan kebhinekaan dalam rangka keutuhan dan kedamaian serta menuju Indonesia maju yang sudah diprogramkan oleh pemerintah," kata Dudung dalam Acara Silaturahmi Kebangsaan yang digelar di Makodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (23/12).


Dudung menegaskan, TNI siap membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya menertibkan suasana dan menjaga kerukunan antar-umat beragama.


"Kami akan mempererat seluruh keyakinan agama dari berbagai macam agama yang dianut di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga mereka merasa damai, tentram, bersatu menuju cita-cita Indonesia maju," ujarnya.

Acara ini turut mengundang setidaknya 65 tokoh agama dari berbagai kalangan, termasuk Luthfi bin Yahya. Selain itu, turut hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Wakapolda Brigjen Hendro Pandowo.

Dalam acara tersebut, para tokoh agama serta Dudung, Riza, maupun Hendro membacakan ikrar kebangsaan. Inti ikrar tersebut yakni tetap menjaga keutuhan negara dan menjalin kerukunan umat beragama.

"Tidak akan memberikan peluang sejengkalpun kepada kaum intoleran," kata Habib Luthfi diikuti oleh para tokoh lainnya.


Usai acara, Luthfi mengapresiasi Pangdam Dudung yang berinisiatif menggelar silaturahmi. Menurutnya, perjumpaan tersebut bisa memperkuat kebhinekaan Indonesia.

"Dijauhkan satu hal yang mengakibatkan perpecahan di dalam bangsa yang sangat saya cintai. Semoga dengan acara siang hari ini, saya sangat mendukung prakarsa apa yang dilakukan oleh Pangdam Jaya," ujar Luthfi bin Yahya.

Sementara Ketua PBNU Marsudi Syuhud yang turut hadir dalam acara itu juga berharap acara ini mampu menyatukan pelbagai hal demi kepentingan umum.

"Pangdam, para kiai, tokoh agama pada hari ini bersatu padu untuk menciptakan sebuah kedamaian, kenyamanan, dan ketertiban dalam kehidupan sehari-hari di NKRI," kata Marsudi.


(dmi/nma/CNN Indonesia)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda