Plesetkan Adzan Jadi Ajakan Jihad, Ketum Pemuda Muhammadiyah: Orang Frustasi, Harus Dirukiyah - HWMI.or.id

Tuesday 1 December 2020

Plesetkan Adzan Jadi Ajakan Jihad, Ketum Pemuda Muhammadiyah: Orang Frustasi, Harus Dirukiyah

 Plesetkan Azan Jadi Ajakan Jihad, Cak Nanto: Orang Frustasi, Harus Dirukiyah

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto menilai ajakan jihad lewat azan dilakukan oleh frustasi sehingga harus dirukiyah.FOTO/DOK.OKEZONE


Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto ikut berkomentar tentang beredarnya video berupa azan yang menyelipkan lafaz 'hayya alal jihad'. Pria yang akrab disapa Cak Nanto itu menganggapnya sebagai bentuk frustasi.


"Ya frustasi karena ketidakmampuan menjalani hidup, agama yang harusnya menjadi fondasi kekuatan mental dalam menjalani hidup ini dengan penuh kebahagiaan memberikan, kemudian berubah sesuatu yang mengerikan di tangan orang frustasi. Mereka itu sebaiknya di-rukiyah, semoga saja bisa kembali pulih," kata Cak Nanto kepada SINDOnews, Rabu (2/12/2020).


Cak Nanto mengatakan, mengubah lafaz azan dengan seruan jihad tak ada dasar dan dalilnya dalam agama atau petuah dari pakar hukum Islam atau ulama. (Baca juga: PP Muhammadiyah Belum Temukan Hadits Soal Seruan Jihad lewat Azan)


"Tujuan orang yang mengumandangkan azan dengan bacaan 'hayya alal jihad' dapat dikategorikan sebagai penistaan agama, kondisi Negara kita tidak dalam keadaan perang, maka tidak alasan ajakan jihad itu dikumandangkan," ujar dia.


Namun apapun itu, Cak Nanto berharap, pihak penegak hukum harus bergerak cepat menindak kelompok-kelompok itu, karena perilaku mereka dianggap sudah sangat meresahkan masyarakat.


"Kementerian Agama dan Kementerian Infokom segera mengambil langkah-langkah acara video itu tidak lagi beredar secara luas," kata mantan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) itu.(Sindonews)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda