Astaghfirullah! Kata Dubes Zuhair Al-Shun: Penggalangan Dana Palestina Minta Bagi Hasil - HWMI.or.id

Wednesday 16 June 2021

Astaghfirullah! Kata Dubes Zuhair Al-Shun: Penggalangan Dana Palestina Minta Bagi Hasil

 Astaghfirullah! Kata Dubes Zuhair Al-Shun Penggalangan Dana Palestina Minta Bagi Hasil

Zuhair Al Shun, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, mengungkapkan kekecewaannya atas berbagai upaya penggalangan dana untuk Palestina yang tidak pada tempatnya.

Menurutnya, penggalangan dana oleh sebagian organisasi yang mengatasnamakan Palestina selama ini pun tidak berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Palestina di Indonesia.

Zuhair Al Shun mengungkapkan adanya beberapa oknum di Indonesia yang memanfaatkan isu Palestina untuk menggalang dana dalam wawancara eksklusif seperti dikutip dari Kilat.com di Jakarta, Senin (14/06/2021).

“Saya merasa kaget dan tidak habis pikir, sebagai institusi perwakilan diplomatik, saya didatangi oleh oknum-oknum yang menawarkan penggalangan dana untuk Palestina, dan mereka minta bagi hasil, tentu saya menolak,” ungkap Zuhair Al Shun.

Dia menolak aktivitas penggalangan dana yang dilakukan oleh masyarakat di jalan-jalan, dan berbagai baliho yang terpasang di jalanan Jakarta dan berbagai kota di Indonesia, tidak terkait dan tidak berkoordinasi dengan Kedubes Palestina di Indonesia.

“Saya menolak bukan untuk meminta seluruh dana diserahkan ke Kedubes Palestina, namun saya menolak praktik korupsi dan pemanfaatan isu Palestina oleh LSM (lembaga swadaya masyarakat) atau ormas yang tidak bertanggung jawab,” kata Al Shun.

Seperti diketahui, di Indonesia, konflik di Timur Tengah terkait isu Israel Palestina dijadikan momentum untuk mengumpulkan dana bagi Palestina. Memang sebagian masyarakat tergerak untuk membantu Palestina dengan menyalurkan donasi.


“Penggalangan dana oleh organisasi dan LSM di Indonesia mereka kelola sendiri, lalu mereka menyalurkan lewat jaringan mereka di antaranya melalui beberapa orang Indonesia yang berada di Jalur Gaza, atau tempat lain di Timur Tengah seperti Syria,” kata Al Shun.

Di tengah keprihatinan rakyat Palestina, penggalangan dana untuk Palestina perlu transparansi agar tidak merugikan Palestina di Indonesia.

Pemerintahan Otoritas Palestina di bawah kepemimpinan Mahmoud Abbas juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas dukungan Pemerintah Indonesia kepada Palestina.

(Suara Islam)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda