Tobat, Simpatisan OPM Serahkan Bendera Bintang Kejora - HWMI.or.id

Wednesday 16 June 2021

Tobat, Simpatisan OPM Serahkan Bendera Bintang Kejora

 Tobat, Simpatisan OPM Serahkan Bendera Bintang Kejora

Seorang warga Teluk Bintuni, Papua Barat, Yunias Menti memilih tobat dan menyatakan kembali ke NKRI. Pertobatan itu dibuktikan dengan menyerahkan bendera Bintang Kejora yang selama ini disimpannya.

“Salah satu warga binaan Koramil 1806-03/Merdey Kampung Meyom saudara Yunias Menti menyatakan kembali ke NKRI dan menyerahkan bendera Bintang Kejora,” ujar Danrem 182/JO Kolonel Inf Yudha Medy Dharma Zafrul dalam keterangan tertulis Pendam XVIII/Kasuari, Selasa (15/6/2021).

Penyerahan bendera Bintang Kejora ini berlangsung di sela acara pembukaan TMMD ke-111 Kodim 1806/TB, di Gedung Sasana Karya Pemda Teluk Bintuni. Bendera Bintang Kejora itu diterima oleh Bupati Teluk Bintuni.

“Bapak Bupati menerima penyerahan bendera dari Yunias Menti, setelah itu Dandim Teluk Bintuni, Letkol Inf Kadek menyerahkan bendera Merah Putih kepada Bupati untuk diserahkan kepada Yunias,” ujar Yudha dikutip dari detikcom.

Bagi Yudha, kembalinya warga yang berseberangan ideologi dengan NKRI adalah bukti nyata peran signifikan Kodim, khususnya aparat teritorial di wilayah binaannya. Kesadaran Yunias kembali pada Pancasila, sambung Yudha, juga menjadi bukti nilai-nilai positif ditanamkan prajurit TNI kepada masyarakat sekitar tempatnya bertugas.

Yudha berharap langkah Yunias juga diikuti kelompok-kelompok di Papua lainnya yang masih memiliki sikap berseberangan dengan Pemerintah RI.

“Semoga dengan komitmen saudara Yunias Menti yang menyatakan siap mendukung kebijakan pemerintah untuk membangun Papua dapat menginspirasi kelompok-kelompok lainnya yang masih berseberangan dengan NKRI,” ungkap Yudha.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda