CPNS 2021 Bakal Diuji Soal TWK & Anti Radikalisme - HWMI.or.id

Sunday 1 August 2021

CPNS 2021 Bakal Diuji Soal TWK & Anti Radikalisme

CPNS 2021 Bakal Diuji Soal TWK & Anti Radikalisme

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memaparkan materi soal yang akan diujikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021. Mulai dari tes pribadi, umum dan kebangsaan yang berjumlah 110 butir soal.

Analis Perencanaan Kemenpan RB, Aldita Adnan Wrisaba mengatakan 110 butir soal itu terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 45 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) 35 butir soal dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 butir soal.

Sementara itu total nilai maksimal untuk SKD sebesar 550 poin. Ini meningkat 50 poin dibandingkan seleksi CPNS tahun 2019 lalu.

“Jadi ada tiga tes dalam SKD nanti dengan jumlah 110 soal dan total nilainya 550 poin,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/7/2021).

Ia menjelaskan untuk soal TWK kalau menjawab benar nilainya 5, kalau salah atau tidak menjawab 0. Nilai tertingginya 150 poin. Untuk TIU kalau menjawab benar juga nilai 5 dan jika salah atau tidak menjawab nilainya 0. Nilai tertingginya 175 poin.

Materi soal untuk TWK ada lima item penting yakni:

Nasionalisme. Item ini bertujuan untuk mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Integritas. Item ini bertujuan untuk melihat kemampuan peserta menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

Bela negara. Tes ini bertujuan untuk melihat peran aktif peserta dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

Pilar negara. Ini bertujuan untuk melihat dan membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika.

Bahasa Indonesia. Tes ini bertujuan untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Materi soal TIU:

Verbal. Tes ini terdiri dari tes analogi, silogisme dan analitis. Tes analogi yang bertujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu, kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain

Tes Silogisme adalah untuk mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan. Serta tes analitis bertujuan untuk mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

Numerik. Pada tes ini terdiri dari soal mengenai berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif serta soal cerita.

Figural. Materi ini terdiri dari soal-soal yang berisi analogi, ketidaksamaan dan serial. Dimana ini untuk mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.


Materi soal untuk TKP:

Pelayanan publik. Ini bertujuan untuk menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

Jejaring kerja. Ini bertujuan untuk membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

Sosial budaya. Ini bertujuan untuk beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agam, suku, budaya.

TIK. Dalam tes ini untuk melihat kemampuan peserta memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.

Profesionalisme. Untuk melihat kemampuan melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

Anti radikalisme. Ini bertujuan untuk menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda