Ustadz Adi Hidayat Berbohong Atas Nama Mbah Hasyim - HWMI.or.id

Wednesday 8 September 2021

Ustadz Adi Hidayat Berbohong Atas Nama Mbah Hasyim

Ustadz Adi Hidayat Berbohong Atas Nama Mbah Hasyim

Oleh: Syaifullah

Dikutip dari NU Online Jatim, setelah video lama yang kembali jadi perbincangan terkait pengakuan Ustadz Adi Hidayat bahwa bacaan doa iftitah kaum muslimin tidak ada haditsnya, warga internet menemukan video lain. 

Kali ini warganet atas nama Akhmad Musta’in memberikan penjelasan bahwa Ustadz Adi Hidayat telah melakukan kebohongan. Di akun Facebooknya, dia menyertakan video dimaksud:

"Dalam video ini Adi Hidayat mengaji kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah tulisan KH Hasyim Asy'ari,” kata Akhmad Musta’in, Rabu (08/09/2021).

Pada video yang dalam kondisi mengaji tersebut, Adi Hidayat menjelaskan datangnya para ahli bid'ah atau golongan yang konsep teologinya bertentangan dengan akidah yang diajarkan Rasulullah.

“Bagian ulasan tentang kelompok yang mengikuti pemikiran Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, dan yang mengambil kebid'ahan Muhammad bin Abdul Wahab, Ahmad bin Taimiyah dan muridnya, Ibnul Qayyum, diskip oleh Adi Hidayat, langsung loncat ke bahasan Syi'ah Rafidhah,” ungkapnya.

Akhmad Musta’in mengajak warganet memperhatikanlah tingkah Adi Hidayat ketika membalik lembaran kitab.

“Gestur dan mimik mukanya memperlihatkan ekspresi seseorang yang sedang menyembunyikan sesuatu,” ujarnya. 

“Dia berbohong. Berbohong atas nama Hadratus Syekh KH M Hasyim Asy'ari,” jelasnya sembari menyertakan foto bagian kitab Risalah Ahlussunnah wal jamaah yang sengaja diskip oleh Adi Hidayat.

Pada pengajian tersebut, Adi Hidayat menjelaskan tentang sejumlah aliran yang menyimpang dari Ahlussunnah wal Jamaah. Termasuk pandangan dari KH M Hasyim Asy’ari yang mengemukakan bahwa Islam di tanah Jawa mengalami dinamika dengan hadirnya kalangan yang keluar dari akidah Aswaja.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda