Viral! Puluhan Warga Baiat NII di Garut, Densus 88 Lakukan Penyelidikan - HWMI.or.id

Friday 8 October 2021

Viral! Puluhan Warga Baiat NII di Garut, Densus 88 Lakukan Penyelidikan

Innalillah! Puluhan Warga Baiat NII di Garut, Densus Lakukan Penyelidikan

Baiat NII di Garut: Puluhan Warga Diduga Dibaiat, Densus Selidiki (Foto: Hakim Ghani/detikcom)

Dikutip dari suaraislam.co, Beredar kabar sejumlah warga baiat NII. Pembaiatan tersebut diketahui terjadi di Garut, Mereka mengaku dibaiat masuk aliran tersebut dan didoktrin dengan menyebut bahwa pemerintah RI thogut. Peristiwa ini sedang diselidiki polisi.

Perlu diketahui, ada puluhan warga Kecamatan Garut Kota, Garut yang kabarnya dibaiat masuk NII. Mereka mengaku kepada aparat pemerintahan setempat bahwa mereka telah didoktrin seseorang diberitahu bahwa Indonesia adalah negara thogut.

“Ajarannya yang diterima ya…. menganggap negara ini thogut,” kata Lurah Sukamentri Suherman kepada wartawan, Rabu (6/10/2021) lalu.

Kasus ini pun membuat aparat pemerintahan, tokoh agama, Polri, hingga Densus ikut mengomentari dan menyelidiki kebenaran masalah ini.

Berikut rangkuman terkait baiat NII yang diduga terjadi di Garut:

Baiat NII Diduga di Garut: Awal Mula Pengakuan Seorang Anak

Lurah Sukamenteri Suherman mengatakan, bahwa informasi tentang puluhan warga dibaiat masuk NII ini terungkap setelah ditemukan pengakuan salah seorang anak kepada orang tuanya.

Anak tersebut diketahui masih remaja dan berjenis kelamin laki-laki. Ia mengaku telah dibaiat dan disyahadatkan kembali oleh seseorang. Setelah mendapatkan informasi tersebut, Suherman langsung melakukan pendataan. Hasilnya, diketahui ada 59 orang yang mengaku dibaiat masuk NII.

“Ada 59 kalau didata. Ada orang tua, ada anak-anak,” kata Suherman.

Kemudian, Suherman langsung menemui keluarga dan anak yang diduga dibaiat untuk bertemu dan menyelesaikan kasus tersebut dengan dibantu pihak terkait.

“Hasil dari tabayyun, ada islah Alhamdulilah yang bersangkutan menandatangani perjanjian dan akan kembali pada orang tua dan ajaran yang sesuai,” ujar Suherman.

Penelusuran Pemkab Garut soal Dugaan Baiat NII

Pemerintah Kabupaten Garut diketahui sedang menelusuri informasi terkait warganya yang diduga dibaiat masuk NII. Kepala Kesbangpol Garut Wahyudijaya menyampaikan informasi bahwa puluhan warga Garut yang dibaiat NII sudah dikantongi Pemda dan kini sedang ditelusuri.

“Memang kami mendapat laporan kaitan dengan isu yang sekarang marak di Garut ini. Ada 59 anak remaja dan juga dewasa yang direkrut kelompok tertentu,” ucap Wahyu kepada wartawan, Rabu (6/10/2021) lalu.

Baiat NII Diduga di Garut, Densus 88 Ikut Menyelidiki

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri juga ikut menyelidiki kasus dugaan pembaiatan oleh NII.

“Iya (dilakukan penyelidikan), tentu saja. Kami sedang mengumpulkan informasi yang lengkap tentang hal ini,” ujar Kabag Banops Densus 88 Kombes Aswin Siregar saat dihubungi, Kamis (7/10/2021).

Aswin mengatakan bahwa Densus telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pencegahan. Menurutnya, mereka tidak mau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kepada puluhan warga Garut yang dibaiat NII ini.

“Iya, tim Densus 88 sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda