KH. Ali Munfaat Adalah Sosok Pengkader Hebat - HWMI.or.id

Sunday 14 November 2021

KH. Ali Munfaat Adalah Sosok Pengkader Hebat

 

Sosok Pengkader Hebat 

Oleh: Dr Jamal Makmur

Pagi ini seakan tidak percaya kabar wafatnya KH. Ali Munfaat, Ketua PCNU Pati, Periode 20013-2019.

Banyak sekali kenangan bersama beliau. Kesan paling kuat adalah beliau, Bapak KH. Ali Munfaat  adalah sosok pengkader hebat. Anak-anak muda diberi kepercayaan untuk tampil ke publik sebagai bagian dari proses regenerasi. Tampilnya Mas Yusuf Hasyim sebagai Ketua PCNU Pati periode 2020-2023 tidak lepas dari proses kaderisasi beliau.

Background beliau adalah aktivis sejak menempuh studi di IAIN (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang kemudian beliau kembangkan di Pati.

KH. Ali Munfaat adalah sosok aktivis tulen yang egaliter, akrab dan gayeng dengan siapapun. Orangnya apa adanya, terbuka dan akomodatif, mudah menerima masukan, kritik, dan bijak dalam mengambil keputusan.

PMII, Ansor, Lembaga, Sekretaris sampai menjadi Ketua PCNU Pati menjadi bukti mobilitas beliau yang tinggi dalam organisasi. Beliau sosok yang pantang menyerah dan kreatif dalam mencari terobosan. 

Kematangan dalam dunia organisasi beliau diperkuat dengan malang melintangnya dalam dunia pendidikan. Beliau menjadi Kepala Sekolah Swasta dan negeri tak terhitung. Kepala SMP Negeri dari satu tempat ke tempat yang lain. Hebatnya lagi: beliau juga aktif menjadi kepala di madrasah-madrasah warga NU. Pernah di Gembong, Pati, dan di madrasah kami, Luthful Ulum Wonokerto Pasucen Trangkil Pati.

Saat berdirinya MA NU Luthful Ulum tahun 2012, beliau berkenan menjadi Kepala Sekolah yang pertama. Banyak sekali bimbingan, arahan, dan motivasi yang beliau curahkan untuk tegaknya madrasah yang baru dirintis tersebut. Saat beliau menjadi Kepala SMPN Wedarijaksa, beliau juga membantu dan mengarahkan administrasi dan hal-hal lain demi suksesnya Madrasah Tsanawiyah Luthful Ulum. 

Kenangan sangat membekas beliau adalah ketika bersama-sama menunaikan ibadah haji tahun 2019. Beliau menjadi orangtua dan guru yang ngemong para yuniornya. Bimbingan dan masukannya sangat berarti.

Selamat Jalan Bapak KH. Ali Munfaat, semoga perjuanganmu diteruskan kader-kader yang sudah Jenengan godok-gulowentah untuk menghadirkan NU di tengah-tengah umat.

اللهم اغفرله وارحمه وعافه واعف عنه واجعل الجنة مثواه امين يا رب العالمين 

Pati, Senin, 15 November 2021

Foto: Saat bersama beliau berziarah di maqbarah KH. Maimoen Zubair di Ma'la tahun 2019

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda