Apakah Bumi itu datar karena Al-Qur'an menyebut Hamparan..? - HWMI.or.id

Saturday 12 February 2022

Apakah Bumi itu datar karena Al-Qur'an menyebut Hamparan..?

Apakah Bumi itu datar karena Al-Qur'an menyebut Hamparan..? 

Gus Baha' menjelaskan dalam Al-Qur'an Surah Al-Kahfi pada ayat 86 mengenai kisah Raja Dzulkarnain disebutkan bahwa raja tersebut melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam. Menariknya Al Qur’an menyebutkan bahwa matahari "bisa" tenggelam di dalam laut. 

"Padahal, kita tahu bahwa matahari berada di luar angkasa dan ukurannya jauh lebih besar, melebihi ukuran seluruh samudera di Bumi tentunya."

"Bukanlah mataharinya yang tenggelam, melainkan pandangan Raja Dzulkarnain-lah yang melihat matahari tenggelam."ujar Gus Baha 

Hal ini menjadi perdebatan di kalangan mufassir. Tentang apakah sifat-sifat Allah (yang disebutkan dalam firman-firman-Nya) dapat dipahami secara hakikat atau yang manusia kenali (mashadiqul lafdzi).

Misalnya dalam Al-Qur'an Surah Muhammad ayat 7 yang menyebutkan hal sebagai berikut. "Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu." 

"Ini jika dipahami bahwa Allah membutuhkan pertolongan, bisa-bisa kita kafir." kata Gus Baha. 

"Kita juga bisa melihatnya dari kalimat tasbih, SubhanAllah. Kalau kita meyakini bahwa kalimat tasbih kita menambah kesucian Allah, dari yang sudah Maha Suci menjadi lebih suci. Bisa-bisa kita masuk neraka."

Maka dari itu, kata Syeikh Ibnu Hajar Al-Asqalani dan Syeikh Abu Bakar Al-Baqilani, semua lafadz itu tidak bermakna. Yang memaknai itu hati masing-masing. Bahasa hanyalah media komunikasi. Kalimat tidak selalu benar.

Termasuk ketika Al-Qur’an membahas bentuk Bumi yang ditengarai berbentuk datar. Dalam QS Al Ghasyiyah ayat 20, Allah SWT berfirman,

وَاِلَى الۡاَرۡضِ كَيۡفَ سُطِحَتۡ

"Dan bumi bagaimana dihamparkan..?"

Makna dihamparkan ini adalah seperti karpet. Karpet berbentuk datar. Karpet jelas tidak berbentuk bola. Maksudnya "Seperti karpet" adalah dalam pandangan mata (Fi nadzaril ‘aini). Hakikatnya seperti apa..? 

Menurut ilmu pengetahuan, jelas bahwa Bumi itu berbentuk bulat menyerupai bola yang pepat di tengah.

Lalu, mengapa disebutkan bahwa Bumi berbentuk "hamparan" yang "Seperti karpet..?"

(Hwmi Online)


Bagikan artikel ini

3 comments