Heboh Wayang Dilarang Islam, Husin Alwi: Anak Kapan itu Kok Berani Banget Main Haram-haramkan? - HWMI.or.id

Sunday 13 February 2022

Heboh Wayang Dilarang Islam, Husin Alwi: Anak Kapan itu Kok Berani Banget Main Haram-haramkan?

Heboh Wayang Dilarang Islam, Husin Alwi: Anak Kapan itu Kok Berani Banget Main Haram-haramkan?

Dikutip dari populis.id, Ketua Cyber Indonesia Husin Alwi Shihab menyentil Ustaz Khalid Basalamah yang menyebut wayang perlu dimusnahkan dan dilarang oleh Islam.

"Yang bilang Wayang haram, haram hukumnya tinggal di Indonesia," kata dia dari Twitter @HusinShihab yang dikutip populis.id pada Sabtu (12/2/2022).

Menurutnya, jangan sedikit-dikit diklaim haram, apalagi Wayang merupakan budaya asli Indonesia.

"Dikit-dikit diharamkan, budaya yang ada di negeri ini juga mau diharamkan," imbuhnya.

"Anak kapan itu kok berani banget main haram-haramkan budaya yang ada di NKRI?" Sambungnya.

Sebelumnya, ceramah lawas Ustaz Khalid Basalamah yang menyatakan wayang haram atau dalam Islam dilarang belakangan jadi sorotan publik.

Padahal, ceramah ini terjadi sudah hampir 1 tahun yang lalu dan dipublis di channel Youtube Yarif.TV.

Dalam sebuah video Ustaz Khalid Basalamah memaparkan hukum memainkan salah satu peninggalan budaya Indonesia berupa wayang menurut hukum Islam.

Pernyataan Ustaz Khalid Basalamah soal wayang dilarang dalam ajaran Islam dan lebih baik dimusnahkan bermula ketika salah seorang jamaahnya bertanya mengenai hukum bermain wayang dalam ajaran Islam.

“Saya orang Jawa dan saya suka pewayangan. Jadi, apakah wayang dilarang? Bagaimana tobat profesi dalang?” tanya jamaah kepada Ustaz Khalid dilansir dari suara pada Sabtu (12/2/2021).

Ustaz Khalid Basalamah langsung memberikan jawabannya. Kata dia, tanpa mengurangi rasa hormat terhadap budaya di Indonesia, bahwa Islam melarang permainan wayang.

“Tentu saja saya sudah pernah bilang ke teman-teman sekalian, tanpa mengurangi hormat terhadap tradisi dan budaya, kita harus tahu, bahwa kita Muslim dan dipandu agama. Harusnya Islam dijadikan tradisi dan budaya. Jangan budaya di-Islamkan, susah. Meng-Islamkan budaya ini repot, karena budaya banyak sekali,” jawab Khalid.

Meski kesenian wayang itu merupakan tradisi peninggalan nenek moyang bangsa, lanjut Ustaz Khalid Basalamah, bukan berarti permainan tersebut harus dimainkan.

“Kalau memang ini (wayang) peninggalan nenek moyang kita, mungkin kita bisa kenang dulu oh ini tradisi orang dulu seperti ini, tapi kan bukan berarti itu harus dilakukan sementara dalam Islam dilarang. Harusnya kita tinggalkan,” tuturnya.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

1 comment

  1. dikit dikit haram....jidat hitammu itu yg haram....
    kealimanmu dg sunan kalijaga yg menciptakan wayang sangat jauh bro...baru hafal beberapa hadist aja udah main haram haramin ciptaan sunan kali jaga....klo g suka wayang silahkan angkat kaki dr NKRI !!

    ReplyDelete